5 Negara Paling Sehat di Dunia

Monaco. (http://www.bbc.com)
Apa yang membuat sebuah kota menjadi sehat? Beberapa kombinasi bisa menjadikan kota sehat, sebut saja ketersediaan sarana kesehatan yang lengkap, ruang terbuka hijau yang banyak, serta polusi yang sedikit. Kota yang sehat tentu membuat warganya betah.

Banyak kota metropolis yang mulai menerapkon konsep "hijau", di mana pohon sudah menjadi keharusan untuk ditanam. Selain itu, tata kota yang nyaman dan baik, membantu sebuah kota menerapkan konsep tersebut.


Berikut kota-kota di dunia yang dikutip dari Guardian, dinobatkan menjadi kota tersehat di dunia:

Singapura

Singapura menjadi kota sekaligus negara yang memiliki tingkat kematian yang kecil. Umur rata-rata penduduk Singapura adalah 87,07 tahun. 80 persen warga negaranya mempunyai dan senantiasa mengakses kesehatan.

Singapura juga merupakan negara dengan tingkat kebersihan paling tinggi di dunia. Di sana kita bisa dengan mudah menemukan taman bermain, daerah hijau, dan pepohonan. Pemerintahannya mampu mengefisiensikan semua tata kota dengan maksimal.

Tokyo

Dengan sistem transpotasi yang sangat efisien, di mana mampu mengakomodasikan 3 juta orang perhari, emisi gas yang dihasilkan di Tokyo merupakan yang terendah di negara-negara Asia. Bahkan CO2 yang dihasilkan lebih rendah dari Singapura, yaitu sebesar 4,89 ton, sedangkan Singapura 7,86 ton.

Tingkat umur di Tokyo juga sangat tinggi, yaitu sekitar 84,19 tahun. Tradisi kebersihan yang dianut di Jepang, menjadi dasar tingginya tingkat umur di sana. Mereka sangat disiplin akan berbagai hal.

Perth

Khusus bagi wanita, Perth merupakan kota tersehat. Kestabilan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, budaya dan lingkungannya, sangat mendukung untuk hidup sehat. Selain itu, pola makan warga di Perth juga sangat sehat. Ditunjang sarana transportasi yang nyaman, menjadikan transportasi umum jadi pilihan utama.

Kopenhagen

Gaya hidup bersepeda yang kian marak di Kopenhagen, menjadikan emisi CO2 turun tajam di sini dalam waktu sepuluh tahun terakhir. Setiap harinya warga masyarakat di sini kian mencintai sepeda, baik untuk ke sekolah, bekerja, dan sekedar berkeliling kota. Pemerintah setempat menyediakan kurang lebih 400 kilometer lintasan khusus bagi pesepeda.

Ini adalah kota yang paling ramah bagi pesepada, banyak yang lalu lalang menggunakan sepeda di sini. Selain itu, pedesterian di sini sangat nyaman. Sehingga pejalan kaki tidak akan terganggu dengan mereka yang menggunakan sepeda.

Monaco

Monaco adalah negara yang kecil. Tingkat umur juga sangat tinggi di sini, yaitu sekitar 89,6 tahun, walaupun negara ini mempunyai populasi yang sangat beragam.  Monaco merupakan negara tempat para billiuner dunia berkumpul, banyak yang menghabiskan waktu di sini sekedar bersantai.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Negara Paling Sehat di Dunia"

  1. Judul tulisannya "5 Negara", tapi isinya "5 kota". Hehe... salam kenal dr Yaman.

    ReplyDelete
  2. hahaha.... Indonesia kapan masuk daftar nih..
    kunjungan balik ya
    http://www.fikrias.com/2014/01/nyunyucom-yang-penting-gak-penting.html

    ReplyDelete