Mahasiswa San Francisco Ciptakan Pakaian Anti Noda

Kaus anti noda. (dailymail.co.uk)
Pakaian merupakan perlindungan dasar bagi tubuh kita, baik itu dari paparan sinar matahari, cuaca, maupun noda. Baik itu noda yang diakibatkan kesalahan sendiri ataupun orang lain, seperti kecap, minuman, hingga cat.

Tentu kita akan dipusingkan untuk membersihkannya, terlebih jika itu pakaian kesayangan kita. Tapi sekarang ini, ada kaus yang dibuat oleh sekelompok mahasiswa yang benar-benar anti noda, dari mulai kecap hingga cat sekalipun.


Mahasiswa dari Universitas Patel, San Francisco membuat sebuah prototipe dengan bahan kimia yang disemprotkan, walaupun bertahan dari noda, namun hanya dalam sekali cuci, baju tersebut bisa kembali seperti semula, yaitu bisa kotor kembali.

Mereka pun kembali mencari solusi, dan akhirnya terciptalah kain yang memiliki nanoteknologi, yang terikat setiap serat kainnya pada tingkat mikroskopis. Tentunya ini bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika kain tersebut membebaskan penggunanya dari iritasi.

"Molekul cairan tidak akan bisa menyentuh kian, karena adanya lapisan udara yang sangat kecil yang terbentuk antara kain dan cairan," ucap mahasiswa Patel.


Kaus anti noda. (dailymail.co.uk)

Kain ini terbentuk dari miliaran partikel silika, sehingga kain ini diberi nama Silic. Setelah menguji kain tersebut, akhirnya mereka mendaftarkan penemuan tersebut ke situs KickStarter, untuk menghimpun dana guna pengembangan lebih lanjut.

Namun sebelum penutupan tanggal 26 Januari tahun depan, target biaya sudah terlampaui, yaitu sebesar US$20.000 atau Rp240 juta. nantinya kain tersebut bisa dibuat seperti kemeja ataupun kaus, yang akan tersedia kemungkinan bulan Mei 2014 mendatang, dengan harga yang ditawarkan £30 atau Rp450 ribu.

Kain tersebut dapat dicuci, namun tidak boleh menggunakan pelembut, setrika, bahkan pengering pakaian, untuk membuatnya tetap tahan air.
loading...

8 Responses to "Mahasiswa San Francisco Ciptakan Pakaian Anti Noda"

  1. kalau anti noda buat apa di cuci lagi???

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kyknya kaga.. air aja gk bisa nyentuh kain krna trhalangi udara yg trbentuk antara kain dan cairan, itu menurut teori diatas..

      Delete
  3. Wah laundy ane bisa kagak laku nih..
    He..he..

    ReplyDelete
  4. kereeenn...
    pernah liat juga di youtube...

    ReplyDelete