SkyCycle, Jalur Sepeda Masa Depan di London

Desain SkyCycle di jalanan kota London. (www.dailymail.co.uk)
Rencana untuk membuat jalur sepeda di atas jalanan kota London telah diresmikan, oleh salah satu arsitek terkenal di dunia. SkyCycle adalah jaringan jalan pesepeda dengan panjang 217 kilometer, yang bisa diakses dari seluruh penjuru London.

Desain jalan sepeda tersebut dikembangkan oleh Sir Norman Foster, yang telah merancang stadion Wembley yang baru. Jalur dengan tinggi setara gedung tiga lantai ini, memiliki titik masuk lebih dari 200, sehingga memudahkan bagi pesepeda.


Tahap pertama pembangunan yaitu jalur sepanjang 6,4 kilometer, yang membentang dari timur London ke jalan Liverpool. Sedangkan untuk biaya yang diperkirakankan untuk membangun seluruh jalur mencapai £220 juta atau Rp3,7 triliun.

Pengembang memperkirakan enam juta orang akan menggunakan fasilitas jalan ini, dan setiap jam masing-masing rute dapat menampung 12.000 pesepeda, sehingga waktu tempuh dapat dihemat hampir 29 menit. Mereka juga mengklaim jika jalur ini mampu bertahan hingga 20 tahun, sehingga biaya pembangunan akan lebih murah dari pada membangun jalan baru atau terowongan.

"Bersepeda merupakan gairah, terutama jika dilakukan bersama teman-teman. Dan juga lebih menyenangkan dari pada berkendara. Untuk mendorong generasi muda menggunakan sepeda, kita harus membuatnya aman," ucap Foster yang kami kutip dari Daily Mail.

SkyCycle bisa menjadi solusi bagi tingginya polusi di kota metropolitan, yang mempunyai gaya hidup tinggi. Sehingga diharapkan dengan pembangunan ini, pengendara kendaraan bermotor dapat beralih ke sepeda.

Pembangunan SkyCyle ini tidak lain karena banyaknya insiden kecelakaan yang melibatkan pesepeda di London, seperti baru-baru ini 6 pesepeda meninggal di jalanan kota London.
loading...

3 Responses to "SkyCycle, Jalur Sepeda Masa Depan di London"

  1. kalo diIndonesia pasti dipake motor jalannya.. :v

    ReplyDelete
  2. Sungguh luar biasa ya. Disaat tanah air baru sibuk-sibuknya bikin trowongan dan jalan tol haha. Di sana malah sudah memikirkan sepeda ... ha. Bagaimana nanti ke epannya ya. Apa ada jalan khusus untuk pejalankaki ...?

    ReplyDelete
  3. kalau hujan apa masih kehujanan ya? dan itu letaknya ada di atas jalan raya? cara ngangkut sepeda ke atas gimana ya?

    ReplyDelete