Foto-foto Warisan Kuno Suriah Hancur Akibat Perang

Masjid Umayyah di Aleppo sebelum perang.
Perang selalu menyisakan kesedihan, baik di pihak lawan maupun kawan. Tak sedikit nyawa yang melayang sia-sia, begitu pun bangunan yang telah ada selama ratusan hingga ribuan tahun, semuanya bisa hancur tak menyisakan apa pun.

Seperti perang yang terjadi di Suriah, yang sudah menimbulkan ratusan ribu korban tak bersalah. Begitu pun bangunan yang ada di sana, seperti masjid, menara, rumah sakit, hingga pasar. Bukan hanya membunuh generasi muda, tetapi sejarah bangsa itu sendiri.



Masjid Umayyah di Aleppo setelah perang.
Seperti masjid Umayyah di Aleppo, yang menjadi saksi mengesankan arsitektur Suriah kuno, yang dikatakan sebagai bangunan sisa Zakharia, kini telah porak poranda. Akibat gemburan misil dan peluru.

Lalu ada menara masjid Omari di Deraa, di mana protes anti pemerintahan terjadi, kini juga telah hancur. Yang merupakan bangunan peninggalan abad ke-7 Masehi.

Begitu pun, Pasar di Souq Bab Antakya, yang pernah disesaki pedagang menjajakan barang dagangannya, kini layaknya kuburan, sepi tak ada transaksi. Hanya ada bunyi senapan, bom, dan suara ledakan lainnya. Yah, perang hanya menyisakan duka yang mendalam bagi siapapun yang mengalaminya. (Foto: Daily Mail)

Pembeli dan penjual pasar di Aleppo sebelum perang.

Kini bangunan yang hancur yang tersisa.

Suasana sebelum dan setelah perang.

loading...

0 Response to "Foto-foto Warisan Kuno Suriah Hancur Akibat Perang"

Post a Comment