Pantai Kuta Dipenuhi Sampah Jadi Sorotan Dunia

Seorang wisatawan berjemur di antara sampah.
Pantai Kuta merupakan tujuan wisata favorit turis mancanegara. Pantai yang mempunyai gelombang yang cukup tinggi ini, banyak dijadikan arena olahraga selancar. Bukan hanya turis mancanegara, wisatawan lokal pun banyak yang berlibur di pantai Kuta.

Tapi dengan adanya musim hujan, disertai dengan gelombang yang cukup tinggi, ternyata membawa dampak yang tidak menyenangkan. Kini pantai Kuta dipenuhi dengan sampah, mulai dari balok kayu, plastik, hingga botol-botol.


Tak ayal, pantai yang banyak dikunjungi ini mempunyai pemandangan yang cukup miris. Bukan hanya menjadi pemberitaan lokal setempat, situs dari luar Amerika pun, Weather.com, memperlihatkan foto-foto pantai Kuta yang disesaki oleh sampah.

Seorang wisatawan dan papan seluncurnya di pantai Kuta.
Hal ini tentu tidak baik bagi pariwisata Indonesia, khususnya Bali yang terkenal akan keindahan pantainya. Tapi, pihak yang bertanggung jawab di Bali dengan sigap membersihkan sampah dari pantai yang terkenal ini.

"Cuacanya sangat ekstrem, ombak tinggi, angin kuat, dan ketinggian air meningkat. Kita berusaha semampu kita mengumpulkan sampah secapat dan sesuai kemampuan. Tapi cuaca tidak mendukung," ucap Putu Eka, kepala sanitasi Badung kepada Jakarta Post yang kami kutip dari Weather.com.

Setiap harinya, dalam hari-hari normal mereka harus mengumpulkan sampah sekitar 250 kilogram, namun saat ini jumlah tersebut meningkat menjadi 20 ton perhari. Tentu ini bukanlah hal yang bagus, mengingat Bali sangat digemari wisatawan mancanegara.

Sepasang wisatwan di pantai Kuta.
Tahun lalu, jumlah turis yang mengunjungi Bali telah melampaui target, dengan raihan sebanyak 2.97 juta turis. Dan ini tentu sangat menggemberikan pariwisata Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya. (foto: weather.com)
loading...

0 Response to "Pantai Kuta Dipenuhi Sampah Jadi Sorotan Dunia"

Post a Comment