6 Manfaat Menguyah Secara Perlahan

Mengunyah makanan.
Pernah mendengar untuk mengunyah makanan setidaknya 32 kali? Mungkin kini saatnya Anda menerapkan hal itu. Makanan yang akan kita telan, sebaiknya telah mendapatkan penghalusan oleh gigi kita dengan cara mengunyah.

Hal itu agar pencernaan kita tidak terlalu berat dalam menghaluskan kembali makanan, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti maag. Selain itu, mengunyah lebih lama memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.


Bukan hanya penyerapan yang cepat, mengunyah lebih lama bahkan mampu membuat tubuh kita selalu ideal, jauh dari obesitas. Lalu apa saja manfaat dari mengunyah ini? Berikut yang kami kutip dari Boldsky:

Rasa makanan lebih baik

Saat mengunyah lama, maka kita akan mendapatkan lebih banyak rasa pada makanan. Selain itu, variasi rasa dari setiap bahan makanan yang tersaji lebih terasa. Sehingga makan kita akan lebih berarti.

Menurunkan berat badan

Ketika makan dengan cepat, maka kita tidak bisa mengontrol apa yang kita konsumsi. Tetapi sebaliknya, saat kita lebih lama mengunyah maka apa yang kita konsumsi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sehingga hal ini akan membantu program diet Anda.

Mengontrol emosi

Makan dalam jumlah banyak dan cepat menandakan emosi Anda sangat meluap-luap, demikian juga rasa lapar yang akan lebih cepat terasa. Sehingga cara Anda mekan merupakan cerminan bagaimana emosi Anda sebenarnya.

Meningkatkan pencernaan

Ketika Anda tidak terburu-buru dalam melahap makanan, maka pencernaan akan berjalan sesuai dengan apa yang Anda konsumsi. Sehingga semuanya akan tercerna secara sempurna tanpa takut menimbulkan permasalahan pada pencernaan.

Penghilang stres

Makan perlahan-lahan, mampu menghilangkan stres, karena kita tidak terbebani dengan apa yang kita makan. Mengunyah lebih lama juga mampu menjadi sarana meditasi sederhana, dengan merasakan semua makanan.

Menghemat uang

Ketika Anda mengunyah lebih lama, maka Anda tahu apa yang ingin Anda konsumsi. Sehingga Anda mampu mengatur setiap pengeluaran terhadap makanan. Dan makanan yang tidak diperlukan tidak harus dibeli.

0 Response to "6 Manfaat Menguyah Secara Perlahan"

Post a Comment