Foto Tranformasi Qatar yang Menakjubkan dalam 40 Tahun

Lepas pantai Qatar tahun 2014.
Qatar merupakan negara kecil di Timur Tengah, dan telah mengalami transformasi yang begitu cepat, sejak mendaulatkan kemerdekaannya di tahun 1971.Kini Qatar telah menjadi negara modern dengan segala kecanggihannya.

Dahulu, penduduk ibukota Qatar, Doha, merupakan nelayan pencari mutiara. Sampai akhir 90-an, perubahan pun terjadi secara signifikan. Ketika itu, ditemukan cadangan gas alam yang begitu berlimpah di lepas pantai.

Investasi besar-besaran pun terjadi di Qatar, dalam hal teknologi, kini Qatar menjadi eksportir terkemukan gas alam cair di dunia. Menurut CNN Money, diperkirakan kekayaan Qatar senilai US$85 miliar, atau Rp1.020 Triliun.

Qatar kini menjadi rumah bagi produsen minyak dan gas terbesar, dan hanya mempunyai populasi penduduk sekitar 600.000 jiwa.

Dengan perkembangan yang demikian pesat, Qatar juga menjadi pusat gedung pencakar langit, tercatat Burj Al Kalifa, menjadi bangunan tertinggi di dunia. Dan kini ada sekitar 47 gedung pencakar langit yang tengah dibangun.

Bukan hanya pembangunan gedung, pemerintahannya membangun pulau-pulau buatan yang sangat indah. Sehingga Qatar menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik. Dan pada tahun 2022, rencananya Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Lalu sperti apakah transformasi yang dilakukan Qatar? Berikut foto-fotonya yang kami lansir dari Business Insider:


Lepas pantai Qatar tahun 1977.
Lepas pantai Qatar tahun 2014.

Sebuah pasar di Qatar tahun 1975.

Mal Qatar tahun 2014.


Pusat perdagangan di Qatar tahun 1977.
Pusat perdagangan saat ini.
Museum nasional Qatar tahun 1977.

Museum nasional Islam Qatar saat ini.

2 Responses to "Foto Tranformasi Qatar yang Menakjubkan dalam 40 Tahun"

  1. wow, indonesia juga mempunyai sumber daya alam yang melimpah ? tapi kenapa tidak bisa bekembang pesat ?

    ReplyDelete
  2. Sumber daya alamnya dikeruk oleh negara lain dan dimakan para koruptor..

    ReplyDelete