Panel Surya Terbesar di Dunia Mampu Panggang Burung

Panel surya terbesar di dunia.
Pemanasan global membuat banyak negara berpikir, tentang energi alternatif yang ramah lingkungan. Selain angin dan air, energi yang selalu tersedia adalah panas matahari. Panas matahari ini baru sebagian kecil negara yang menggunakannya.

Dan salah satu energi dari tenaga surya ini ada di gurun pasir Mojave dekat California. Pembangkit listrik ini menjadi pembangkit tata surya terbesar di dunia, dengan sekitar 350.000 panel surya. Namun pembangunan ini bukan tanpa permasalahan.



Burung yang terpanggang.
Pembangkit listrik yang dibuka pada Kamis, 13 Februari ini, mendapat kecaman dari aktivis lingkungan. Pasalnya, suhu yang dihasilkan dari panel surya tersebut mencapai 537 derajat celcius. Sehingga panas tersebut bisa memanggang burung-burung setempat, dan yang sedang melintas daerah tersebut.

Bahkan dalam sebuah laporan yang dirilis oleh BrightSource tahun lalu, selama pembuatan panel surya terbesar ini, ribuan burung mati terpanggang saat melintasi panel surya ini. Dan aktivis lingkungan pun memberikan pertanyaan mengenai hal tersebut.

Petugas di panel surya.
Proyek pembangkit listrik terbesar dari panel surya ini diberi nama Ivanpah, yang merupakan kerjasama antara NRG Energy, Google, dan BrigthSource Energy. Dan mampu menerangi sekitar 140.000 rumah. Namun belum ada keterangan resmi dari pihak terkait, mengenai permasalahan suhu yang dihasilkan dari panel surya tersebut.
loading...

0 Response to "Panel Surya Terbesar di Dunia Mampu Panggang Burung"

Post a Comment