Manusia Menggunakan 10% Otaknya Hanya Mitos?

Ilustrasi pekerjaan di otak. sumber
Banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat, salah satunya adalah jika kita hanya menggunakan 10 persen dari kemampuan otak kita. Namun apakah hal itu benar adanya? Ternyata tidak, hal itu diungkapkan oleh ahli saraf dari Cambridge.

Mitos yang berkembang tersebut memang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Dan telah mempengaruhi lebih besar masyarakat, seperti di Amerika saja, sekitar 65 persen masyarakatnya percaya, jika otak kita hanya bekerja sekitar 10 persen.

Padahal, otak kita selalu bekerja sesuai dengan gerak fisik yang dilakukan oleh tubuh kita. "Seluruh otak kita aktif sepanjang waktu, neuron, sel-sel saraf yang terlibat dalam pemikiran akan selalu aktif," ucap Barbara Sahakian, profesor neuripsikologi dari Universitas Cambridge.

Sedangkan pemikiran bahwa otak kita digunakan hanya sekitar 10 persen, awalnya dikeluarkan oleh psikolog di awal tahun 1936-an dalam sebuah buku, "Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang," yang ditulis oleh Dale Carnegie.

Sam Wang, seorang ahli saraf mengatakan jika mitos tersebut digunakan oleh industri untuk mengembangkan produknya. Sehingga konsep tersebut tersebar luas.

Jadi ini adalah saatnya untuk Anda berpikir, jika otak kita tidak digunakan hanya 10 persennya saja, melainkan seluruh saraf otak selalu bekerja selama kita hidup.

via Daily Mail
loading...

0 Response to "Manusia Menggunakan 10% Otaknya Hanya Mitos?"

Post a Comment