Gunakan Kayu, Orangutan Cek Dalamnya Sungai Saat menyeberang

Orangutan sedang memegang tongkat.
Kepintaran bukan hanya milik manusia, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan primata yang satu ini, orangutan. Selain orangutan, primata jenis kera memang memiliki kepintaran dalam belajar hal-hal yang baru.

hal ini terlihat ketika seekor urangutan hendak menyeberang sungai, di pusat rehabilitasi. Saat hendak menyeberang sungai, ia mengambil tongkat lalu mengecek kedalaman sungai tersebut, sebelum orangutan itu memutuskan untuk menyebranginya.

Hal ini memperlihatkan, jika orangutan mempunyai pengetahuan untuk belajar. Dan ia juga tahu jika menyeberangi sungai yang dalam bisa membuatnya tenggelam atau terseret arus yang deras. Karena orangutan biasanya tidak mempunyai kemampuan untuk berenang seperti hewan lainnya.

Orangutan bernama Mego tersebut memang menjadi bagian dari rehabilitasi di Kalimantan Tengah, yang diselamatkan oleh Tim Nyaru Menteng.

Mego telah menghabiskan sebagian besar waktunya di pusat rehabilitasi tersebut, dan rencananya akan dilepas tahun ini. Dan setiap perkembangannya selalu dipantau oleh tim, guna melihat kesiapan Mego saat akan benar-benar dilepas ke alam liar.

"Kera besar ini merupakan yang paling puntar di antara binatang lainnya. Orangutan mewakili 98 persen dari DNA manusia, dan mereka sangat mirip dengan manusia. Mereka juga mudah untuk beradaptasi dan berinovasi," ucap Dr Grainne McEntee, kepala penyelamatan orangutan yang berlokasi di London.

via Daily Mail
loading...

0 Response to "Gunakan Kayu, Orangutan Cek Dalamnya Sungai Saat menyeberang"

Post a Comment