Konsumsi Nasi Bantu Tidur Lebih Baik

Nasi putih. sumber
Banyak sekali orang yang mengalami gangguan tidur di malam hari, terutama mereka yang mempunyai rutinitas kerja. Selain itu, penggunaan perangkat mobile menjadikan pola tidur kita berubah. Dan tidak jarang mereka yang asyik dengan gadgetnya, terlelap saat sudah larut malam.

Padahal tidur di malah hari, merupakan sarana yang bagus bagi tubuh untuk melakukan detoksifikasi. Tubuh akan mengeluarkan racun, dan mengganti sel-sel yang rusak saat kita beristirahat.

Biasanya untuk terlelap lebih cepat, beragam cara pun dilakukan, mulai dari minum susu, olahraga, hingga melakukan rutinitas yang membuat bosan. Tapi terkadang itu semua tidak membantu untuk terlelap lebih cepat di atas kasur.

Namun para ilmuwan menemukan cara yang baru, yaitu dengan menginsumsi nasi. Ya, nasi, makanan sehari-hari bagi masyarakat terutama di negara-negara Asia.

Nasi merupakan makanan yang mempunyai indek glikemik (IG) cukup tinggi, tidak seperti mie dan roti. Di mana makanan yang mempunyai IG tinggi, akan mudah diserap oleh tubuh, dan melepaskan gula darah lebih cepat, serta dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Makanan dengan IG yang tinggi, akan meningkatkan jumlah tryptophan yang dibawa ke otak, dibandingkan dengan asam amino lainnya. Di otak, tryptophan akan diubah menjadi serotonin, kemudian diubah kembali menjadi melatonin yang akan menginduksi tiduar, sehingga kita akan mudah terlelap.

Penelitian tentang nasi menjadi cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, telah diterbitkan di jurnal PLoS ONE. Dan peneliti juga sudah membandingkan, antara masyrakat Jepang, Eropa, dan Amerika. Di mana masyarakat Jepang mengonsumsi 28 persen nasi di menu makanannya, dan kualitas tidur orang jepang lebih baik dari Eropa dan Amerika.

Tapi Anda perlu ingat, agar tidak berlebihan mengonsumsi nasi saat hendak tidur, karena jika tidak, Anda akan mengalami obesitas, yang bisa memicu penyakit berhaya lainnya seperti diabetes dan jantung.

via Daily Mail
loading...

0 Response to "Konsumsi Nasi Bantu Tidur Lebih Baik"

Post a Comment