Pekerja di Pabrik iPhone Meninggal Akibat Kanker

Yi Long saat dirawat di rumah sakit.
Bekerja di perusahaan sebesar Apple merupakan impian bagi kebanyakan orang, tetapi jika bekerja sebagai buruh pembuat perangkat Apple, iPhone, mungkin tidak banyak yang menginginkannya.

Bukan tanpa sebab, banyak sekali kejaidn yang tidak mengenakkan yang terjadi di pembuatan perangkat gadget mahal ini. Salah satunya menimpa pria muda bernama Yi Long, yang harus meninggal karena kanker leukimia.

Yi Long ternyata bukan satu-satunya orang yang meninggal akibat kanker leukimia, tercatat sudah enam orang yang terkena penyakit yang sama di pabrik iPhone di komplek industri Shenzen, Tiongkok selatan.

Diduga bahan kimia yang berbahaya yang digunakan saat pembuatan iPhone menjadi penyebabnya. Sehari sebelum meregang nyawa, ibu dari Yi Long meminta pertanggungjawaban Apple, guna mengobati anaknya, dan merekapun meresponnya dengan membantu pengobatannya.

Namun sayang, nyawa Yi Long tidak mampu diselamatkan dokter. Dan ia meninggal pada usia ke 25 tahun. Biaya duka cita yang diberikan pihak Apple, melalui Foxconn, ditolak mentah-mentah oleh keluarga Yi Long, karena disengaja telah memperkerjakan anaknya saat sakit.

Foxconn sendiri telah membuat banyak gadget untuk produsen gadget ternama, termasuk Apple. Namun kejadian Leukimia, paling banyak dilaporkan untuk pabrik yang membuat perangkat iPhone.

Yi sendiri telah didiagnosa leukimia sejak tahun 2012, 20 bulan setelah ia bekerja di abrik tersebut. Dan kini, keluarga Yi menginginkan keadilan ditegakkan, supaya tidak ada lagi pekerja yang terkena leukimia akibat bahan yang berbahaya di pabrik.


via Daily Mail
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pekerja di Pabrik iPhone Meninggal Akibat Kanker"

Post a Comment