Turki Lelang Kota Hantu untuk Dihidupkan Kembali

Kota mati Kayakoy di Turki.
Di dunia ini banyak sekali tempat atau kota yang ditinggalkan, dengan beragam alasannya. Seperti kota di Fukushima yang ditinggalkan akibat kebocoran radiasi nuklir, dari pembangkit listrik tanaga nuklir.


Tetapi ada juga kota yang tidak kunjung berpenghuni, seperti di Tiongkok akibat pembangunan besar-besaran, tanpa diikuti imigrasi penduduk. Namun ada juga kota yang telah ditinggalkan lama, kini berupaya dibangkitkan kembali oleh pemerintahannya.

Seperti salah satu kota di Turki, yang disebut kota hantu Kayakoy, yang ditinggalkan 100 tahun yang lalu mencoba dihidupkan kembali. Penduduknya saat itu meninggalkan kota tersebut akibat Perang Dunia Pertama. 


Kota mati Kayakoy di Turki.
Untuk menghidupkan kota tersebut, pemerintahan Turki akan melakukan lelang terbuka. Dan investor yang terpilih dan mampu merenovasi, akan kembali menghidupkan kota hantu ini dengan semua bangunan di dalamnya. 


Kota mati Kayakoy di Turki.
Rumah-rumah yang ada di sekitar kaki gunung Taurus, yang telah ditinggalkan tersebut, diharapkan bisa menjadi tujuan wisata di sana. Namun niat tersebut bukan tanpa kritik, arkeolog setempat khawatir, jika kotatersebut akan banyak berubah dan peninggalan sejarah di dalamnya akan hilang. 


Kota mati Kayakoy di Turki.
Lelang untuk memenangkan tender restorasi kota hantu ini akan diselenggarakan pada tanggal 23 Oktober mendatang, dan diperkirakan membutuhkan dana sekitar 8 juta poundsterling, untuk membuat kota mati itu hidup kembali dan menjadi tujuan wisata dunia.

0 Response to "Turki Lelang Kota Hantu untuk Dihidupkan Kembali"

Post a Comment