10 Bahan di Dapur untuk Perawatan Luka Bakar

Luka bakar. sumber
Seringkali kita salah saat merawat luka bakar, terutama jika terjadi pada kita atau orang-orang terdekat. Alih-alih menyembuhkan, luka bakar yang salah penanganannya bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Tentunya kita tidak mau hal itu terjadi. Untuk itu, kita harus tahu bagaimana menangani luka bakar, yang sewaktu-waktu bisa terjadi, baik itu disebabkan oleh api, air panas, hingga kembang api yang sering dimainkan oleh anak-anak.

Untuk itu, Anda harus tahu menangani luka bakar, sebagai pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter atau rumah sakit. Berikut sepuluh cara mudah menangani luka bakar yang kami kutip dari Boldsky:

1. Air dingin
Salah satu cara terbaik untuk mengobati luka bakar tingkat pertama, adalah dengan memberikan air dingin di daerah yang terkena luka. Anda juga mengkompres dengan dingin pada daerah yang terkena luka bakar. Untuk meringankan rasa sakit, setiap beberapa jam. Jangan menggunakan es, karena akan membatasi aliran darah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan jaringan halus.

2. Susu
Cara lain dapat membantu dan mengobati luka bakar tingkat pertama. Selain itu, susu membantu untuk menenangkan kulit dan baik untuk pengobatan. Jika Anda ingin menggunakan susu, pastikan bahwa Anda menggunakan susu skim.

3. Kentang
Kentang mentah dapat digunakan untuk mengobati luka bakar kecil. Pastikan Anda menggunakan kentang mentah, untuk menenangkan kulit yang terbakar. Kentang mentah juga akan membantu untuk menepis setiap iritasi di sekitar luka.

4. Lidah buaya
Para ahli mengatakan bahwa lidah buaya adalah obat yang baik, untuk mengobati luka bakar tingkat pertama. Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan mengurangi kulit yang melepuh. Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu membersihkan area luka bakr dengan air, sebelum Anda menggunakan jus lidah buaya pada daerah yang terluka.

5. Minyak kelapa
Minyak kelapa Minyak kelapa adalah salah satu cara termudah dan terbaik, untuk mengobati luka bakar. Alasan karena memiliki Vitamin E dan asam lemak seperti asam laurat, asam miristat dan asam kaprat yang menawarkan anti-jamur, anti-oksidasi dan anti-bakteri.

6. Lemon
Lemon adalah obat rumah, yang dapat Anda gunakan untuk mengobati luka bakar. Jus lemon diberikan pada daerah yang terkena bakar, dua sampai tiga hari. Lemon membantu untuk meringankan daerah yang terbakar, dan mengembalikan warna kulit menjadi normal.

7. Cuka
Untuk mengobati luka bakar ringan, Anda dapat menggunakan cuka karena memiliki sifat zat dan antiseptik. Cuka juga membantu untuk mencegah infeksi.

8. Teh
Untuk luka bakar, kantong teh hitam yang dingin akan membantu menenangkan rasa sakit. Asam tannic dalam teh hitam dapat membantu mengurangi panas dari luka bakar, dan dengan demikian mengurangi rasa sakit. Tempatkan kantong teh di daerah yang terkena luka dan membungkusnya dengan menggunakan kain kasa.

9. Kulit pisang
Cara yang lebih cepat untuk menyembuhkan luka bakar adalah dengan menggunakan kulit pisang. Kulit pisang memiliki anti-inflamasi, antimikroba, antihemorrhagic, dan sifat ekspektoran. Anda harus terlebih dahulu menghancurkan dan membuat ekstrak jus. Jus ini kemudian digosok langsung ke luka bakar.

10. Bawang
Bawang adalah salah satu cara terbaik untuk mengobati luka bakar tingkat pertama. Bawang dibuat menjadi pasta, pasta ini dengan lembut diterapkan pada luka bakar. Awalnya akan terbakar, tetapi setelah pasta diterapkan pada luka bakar itu akan mengurangi rasa sakit.


via Boldsky
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Bahan di Dapur untuk Perawatan Luka Bakar"

Post a Comment