6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan

Makan.
Makan merupakan proses pemenuhan zat gizi bagi tubuh kita. Selain itu, dengan makan, tubuh kita akan kembali segar dan berenergi, setelah kita melakukan aktivitas. Namun adakalanya, banyak yang melakukan kesalahan saat makan.

Bukan karena menu makanan yang disajikan, tetapi cara kita makan. Hal ini cenderung kepada adab--tata cara--makan, yang bisa menyebabkan kita kegemukan, mudah mengantuk, hingga makanan tidak dicerna secara maksimal.

Lalu apa saja kesalahan yang sering kita lakukan saat makan?

1. Makan sambil berdiri
Mengutip pernyataan salah satu dokter praktik di Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ), "Dalam keadaan berdiri, saraf tubuhdalam keadaan tegang, dan tidak sia menerima makanan atu minuman." Demikian juga dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, yang mengharuskan setia muslim untuk makan dan minum sambil duduk.

Selain makna tersebut, makan sambil duduk juga menyababkan perut kita cepat terisi, sehingga makan yang berlebihan dapat dihindari. Dan kegemukan pun bisa dihindari. Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk memulai menghentikan kebiasaan makan atau minum sambil berdiri.

2. Waktu makan
Tubuh mempunyai jam biologis, yang menyesuaikan dengan aktivitas yang kita lakukan. Semakin banyak energi yang dibutuhkan, semakin sering kita harus mengonsumsi makanan.  Berdasarkan hadits Nabi yang berbunyi, "makanlah sebelum kau lapar dan berhenti sebelum kau kenyang."

Tentunya ini mengindikasikan kita untuk jangan makan secara berlebihan, seerti kita ketahui, obesitas kini makin banyak ditemui, tidak terkecuali terhadap anak kecil. Dikarenakan makanan yang berlebihan, dan itu bisa menimbulkan banyak risiko terserang penyakit, mulai dar diabetes, jantung, hingga darah tinggi.

3. Mengunyah dengan cepat
Ini adalah salah satu kebiasaan yang harus dihindari. Saat kita memasukkan makanan ke dalam mulut, maka pencernaan sudah dimulai. Di dalam mulut, makanan akan dicerna secara mekanis oleh gigi dan juga biologis oleh enzim. Mengunyah perlahan dan lama, bisa mengnhancurkan zat-zat makanan secara lebih baik, dan juga menghindari kerja lambung yang bisa menyebabkan permasalahan lambung.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel ini: Manfaat Mengunyah Secara Perlahan


4. Minum air saat makan
Ini adalah salah satu kebiasan yang tidak baik, pasalnya, minum saat makan bisa menyebabkan aliran balik dari lambung. Profesor Hiromi Syinya MD yang merupakan pakar enzim di kedokteran Albert Einstein menyarankan dalam bukunya, untuk minum air satu jam sebelum makan.

Saat makan, kita juga harus menghindari minum dengan air yang manis, baik itu kopi, teh, atau minuman lainnya. Hindari juga mengonsumsi teh setelah makan, karena bisa menyebabkan zat-zat gizi tidak terserap dengan baik oleh tubuh.

5. Makan buah setelah makan
Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan kebanyak orang. Makan buah setelah makan berat, bisa menyebabkan buah terfermentasi atau membusuk di saluran pencernaan. Dan dianjurkan untuk makan buah sebelum makan berat, hal ini juga untuk mengurangi beban usus saat mencerna. Selain itu, zat-zat gizi dan serat dalam buah dapat terserap dengan baik.

6. Makanlan dengan menggunakan jari
Mungkin banyak dari kita yang mengatakan, jika makan dengan jari tangan sangat jorok, tetapi Anda salah. Makan dengan tiga jari sangat baik, dan juga membantu masalah pancernaan. Selain itu, ini adalah tuntunan dari Nabi Muhammad SAW bagi umatnya. Karena ada kebaikan dalam setia yang kita lakukan saat makan bagi tubuh.

Demikian kesalahan-kesalan yang dilakukan saat kita makan. Anda meu menambahkannya, silahkan komentar di kolom yang sudah disediakan, dengan sopan dan baik. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Makan"

Post a Comment