Air Ternyata Berbahaya bagi Rambut

Wanita berenang.
Bagi banyak wanita, mempunyai rambut yang indah merupakan sebuah impian. Karena tidak semuanya bisa memiliki rambut yang indah. Dan salah satu cara mendapatkan rambut yang indah adalah dengan bersampo.

Tapi kebiasaan memilas rambut setiap hari dengan sampo, justru tidak baik bagi rambut. Mungkin kebiasaan itu sebaiknya dihindari. Bukan hanya itu saja, membilas rambut dengan air pun bisa merusak rambut. Apa sebabnya?

Anda harus tahu terlebih dahulu tentang air. Saat ini, air memiliki kualitas yang tidak baik, apalagi jika air itu didapatkan dari tempat pengolahan yang sudah menggunakan klorine dan tawas, dalam menjernihkan dan membasmi kuman di dalamnya.

Selain itu, ada juga jenis air sadah, yang mengandung banyak logam berat di dalamnya seperti ion logam kalsium, magnesium dan deposit besi. Mineral ini akan bereaksi dengan sabun dan surfaktan, sehingga mengurangi efektivitas saat pembersihan. Bahkan air sadah, endapan yang terkandung di dalamnya, bisamenempel di rambut, hal inibisa menyebabkan rambut kering dan mudah kusut.

Untuk mengecek kualitas air yang ada di rumah kita cukup mudah, Anda cukup merebus air di dalam panci yang bersih. Ulangi cara ini beberapa kali, bahkan tunggu air yang ada di dalam panci itu mengering dan menguap saat pendidihan.

Lalu lihat, apakah ada endapan putih atau kuning di dalam panci Anda, jika Ada, maka air di dalam rumah Anda termasuk air sadah. Dan tentunya ini tidak baik bagi mereka yang menginginkan rambutnya bagus.

Namun tenang, ada cara yang baik untuk menghilangkan endapat ini, yaitu dengan penambahan zat asam ke dalam air. Sehingga ion-ion logam di dalam air bisa menghilang.

Untuk zat asam sendiri, Anda bisa menggunakan asam citrat, asam salisilat, dan asam glikolat, bahkan asam cuka pun bisa Anda gunakan. Dan air pun sekarang bisa aman saat digunakan untuk membilas rambut.

Sedangkan untuk klorin, baik saat di kolam renang atau rumah dengan air PDAM, untuk menghindari kerusakan rambut adalah dengan menggunakan kondisioner sebelum Anda membilas rambut dengan air. Hal iniuntuk menghindari klorin di dalam air masuk ke dalam kutikula rambut, yang bisa menyebabkan rambut kusut dan rusak.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang senang bermain dengan air.


via weather
loading...

0 Response to "Air Ternyata Berbahaya bagi Rambut"

Post a Comment