Misteri 'CD ROM' Berumur 4.000 Tahun

Disk Phaistos.

Siapa sangka, jika beribu-ribu tahun yang lalu, "(compact Disk) CD" telah ada dan digunakan oleh masyarakat purba. Mereka menyimpan informasi penting dalam sebuah kepingan tanah liat, berupa simbol-simbol yang sulit diterjemahkan.



Di dalam kepingan cakram tersebut berisi simbol-simbol, sekitar 241 karakter dan 45 simbol unik. Untuk menterjemahannya, tim yang di kepalai Dr Gareth Owens harus memutar otaknya, agar bisa mengetahui maksud dari simbol-simbol tersebut.

Dan tim dari Technological Educational Institute (TEI), mengklaim jika CD tersebut merupakan doa kepada ibu. Diperkirakan CD tersebut dibuat pada zaman Perunggu, sekitar dua millenium sebelum Masehi. CD ini pertama kali ditemukan pada tahun 1908, di Crete.

Namun ada yang berpendapat, jika kata "ibu" di sana merupakan dewa di era Minoan. Namun teka teki di dalam disk tersebut belum sepenuhnya terpecahkan, dan tetap akan menjadi misteri.

CD ini hanya mempunyai diameter sekitar 15 centimeter, dan mempunyai tanda seperti cap. Sejak ditemukan, para ahli telah banyak berspekulasi tentang isi di dalamnya yang tertulis. Ada yang percya, jika Disk itu dibaca dari dalam keluar, ada juga yang sebaliknya.

Disk ini sangat penting keberadaannya, karena dipercaya sebagai bentuk peradaban yang maju teknologinya saat itu di Eropa. Disk bernama Phaistos ini, merupakan peninggalan dari istana Minoan Phaistos di Crete yang saat ini tinggal reruntuhannya saja.

via Daily Mail
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Misteri 'CD ROM' Berumur 4.000 Tahun"

Post a Comment