Kenapa Gigi Berubah Menjadi Kuning?

Gigi yang terawat. sumber
Senyum yang menawan dengan gigi yang putih, selalu kita idam-idamkan, baik itu wanita maupun pria. Namun tidak banyak yang mempunyai senyum dengan gigi yang putih, dan biasanya hanya kalangan selebriti dan berduit yang mampu membuat gigi putih.

Baik dengan sengaja atau tidak, gigi kita akan menguning, seiring dengan bertambahnya usia. Namun apa yang membuat gigi kita kuning? Dan apa penyebab yang menjadikan gigi kita akan menguning?

Perubahan warna gigi terbagi menjadi dua, yaiut secara eksentrik dan noda intrisik. Secara eksentrik, ada perubahan pada bagian enamel gigi, yang melapisi bagian gigi yang sangat sulit untuk dihilangkan, yang disebabkan oleh apa yang kita makan.

Maka tidak mengherankan jika konsumsi kopi, anggur merah, teh, dan beragam buah-buahan seperti anggur dan delima, bisa menyebabkan gigi menguning. Makanan dan minuman tersebut mengandung pigmen, yang menempel pada gigi dan menyebabkan warna berubah.

Selain itu, kebiasaan merokok juga menyebabkan gigi akan semakin menguning. Dan perubahan pigmen juga diikuti oleh penumpukan plak gigi, yang akan membuat gigi rusak.

Sedangkan untuk faktor noda intrinsik, perubahan warna gigi ini akibat konsumsi obat-obatan seperti antibiotik, antiseptik, bahkan obat kumur untuk gusi pun bisa menyebabkan gigi berubah warnanya. Banyak lagi jenis obat-obatan yang bisa mempengaruhi perubahan warna pada gigi.

Namun selain kedua faktor tersebut, faktor genetik dan penuaan juga berkontribusi terhadap perubahan warna gigi. Sama seperti warna kulit, gigi kuning juga bisa disebabkan ketebalan enamel yang berbeda-beda pada setiap orang.

Dan semakin tua, lapisan enamel gigi akan semakin berkurang. Sehingga menyebabkan gigi akan semakin menguning. Namun dengan perawatan dan menjaga kebersihan gigi setiap hari, kita bisa mempunyai senyum yang putih menawan.

via Livescience
loading...

0 Response to "Kenapa Gigi Berubah Menjadi Kuning?"

Post a Comment