Kenapa Jam 3 Pagi Sangat Menakutkan?

Ilustrasi jam 3 pagi.
Di dalam film-film Hollywood, jam 3 pagi hari merupakan saat yang tepat untuk pengusiran roh-roh jahat. Karena pada saat jam itu, roh-roh jahat dan setan, berada di dalam fase paling kuat. Jam 3 pagi juga sering diidentikkan dengan jamnya para setan.

Ada keyakinan lain juga, terutama di umat Kristiani, jika jam 3 pagi merupakan ejekan untuk kematian Tuhan mereka. Karena semua peradaban mengarak ke barat, sehingga jam 3 selalu diidentikkan dengan sebuah fenomena menakutkan.

Banyak dilaporkan hal-hal aneh terjadi antara jam 03:00 sampai 04:00. Orang-orang telah melaporkan, merasa ada sensasi aneh dalam tubuh atau pengalaman yang aneh. Beberapa telah menemukan pintu yang terbuka, sementara lainnya telah merasakan kehadiran seseorang ketika sedang sendirian.

Namun Perlu dicatat bahwa, jam 3 pagi adalah jam ketika Anda berada di tingkat tidur terdalam. Hal ini secara psikologis disebut sebagai REM (Rapid Eye Movement) dalam tahap tidur. Ini adalah tahap ketika kita bermimpi.

Orang yang memiliki kebiasaan begadang sampai akhir jam tersebut, benar-benar merampas kebutuhan tubuhnya terhadap tidur. Tetapi tubuh Anda secara otomatis akan menyerah, dan tidur. Ini bisa menjelaskan, bagaimana kita meninggalkan jendela dalam keadaan terbuka, atau berjalan ke kamar mandi.

Pada saat itu, otak mulai memproses lingkungan yang agak berbeda. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah sensasi dalam tubuh. Kadang-kadang, selama tahap tidur terdalam, orang mengalami apa yang dikenal sebagai 'Hag Fenomena' atau Sleep Paralysis.

Tubuh menutup sinyal motorik tertentu selama tidur di tahap REM, untuk mencegah kita bergerak dan keluar dari mimpi. Namun, kadang-kadang sebagai otak kita bergerak melalui tahapan tidur dan kembali ke fase tidur ringan, ada jeda sesaat di mana pikiran kita tersadar.

Pada tahap ini, tubuh bisa merasakan beberapa sensasi seperti ketidakmampuan untuk menggerakkan tangan atau kaki, ketidakmampuan untuk berbicara, tekanan di dada, reaksi teror atau panik, halusinasi pendengaran atau visual dan perasaan.

Jelas, sensasi ini bisa dicampur dengan semua kepercayaan, takhayul dan cerita yang membuat kita percaya bahwa, kita kerasukan setan atau roh-roh. Cerita rakyat inilah yang dahulu memberikan penjelasan untuk sensasi ini.

Jadi, itu adalah kekuatan pikiran kita yang menciptakan setan dan roh-roh jahat, tidak ada yang lain.

via Boldsky

16 Responses to "Kenapa Jam 3 Pagi Sangat Menakutkan?"

  1. Bagi penakut emang menakutkan, tapi saya tidak. Udah hal yang biasa jam segitu bangun.

    ReplyDelete
  2. Betul jam 3 itu sy biasanya mandi & sholat dan alhamdulillah selama ini sy merasakan nikmatnya luaar biasa, sehat dn pikiran tenang.... jgn tjebak dgn cerita mnakutkan.

    ReplyDelete
  3. ohh gitu yaaaa. artikel yang bagus ....

    ReplyDelete
  4. waktunya berdua dengan allah, meminta ampunan dan harapan

    ReplyDelete
  5. masa sih aku gak pernah tidur sampe jam 5 pagi nothing happen to me :3
    dan samping rumah padahal rumah kosong yang gak di huni selama 7 tahun postingannya gak ngefek -_-

    hantu itu emang ada tapi kita hidup bukan cari hantu kita cari ridho allah :)

    ReplyDelete
  6. Nggak ada fakta yang meyakinkan dan hanya mengada-ada.
    Bahkan walopun hanya setengah jam namun bila memang berkualitas tidurnya, bukan gak mungkin dari menit pertama mengalami REM (Rapid Eye Movement) atau fase waktu tidur terdalam......
    Hal ini karena dalam keadaan tidurpun, otak manusia masih bekerja dan merespon perubahan lingkungan disekitarnya.
    bukankah sering kita merasa telah tertidur lama namun ternyata hanya tidur selama 15 menit ato cuma 1 jam ???

    Gak ada penelitian yang mengacu pada jam 3 dini tersebut, Jadi tidak bisa diambil kesimpulan dan gak bisa dipertanggung jawabkan.
    Info ini hanya karangan fiktif belaka menjurus HOAX.

    Berfikirlah secara CERDAS, bukan secara PINTAR.
    Mereka yang PINTAR hanya akan MENJADI KARTU, namun Mereka yang CERDAS-lah yang MENCIPTAKAN KARTU

    ReplyDelete
  7. Justru jam 3 menurut ajaran agama Islam itu adalah waktu dimana para malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan baik dan buruk manusia sedang "ganti shift". Artinya malaikat yg ditugaskan untuk mencatat amalan manusia pada hari itu akan digantikan dengan malaikat yg ditugaskan untuk hari berikutnya. Makanya kita disunnahkan untuk melaksanakan shalat tahajjud. Agar malaikat yg bertugas untuk hari itu dan untuk hari berikutnya sama sama mencatat bahwa kita sedang melaksanakan shalat. Dianjurkan pula berdoa serta memohon ampun kepada Allah. Karena pada saat itu malaikat yg akan kembali menghadap Allah langsung menyampaikan doa kita kepada Allah saat itu juga.

    ReplyDelete
  8. Susana menyeramkan jam 3 mungkin hanya efek samping sepertiga malam terakhir, ada aja emang cobaan kalo mau ibadah, diuji aja paling tuh niatnya hohoho

    ReplyDelete
  9. Yang jelas sih effect kebanyakan nonton dunia lain, orang orang jadi parno semua,

    ReplyDelete
  10. Jam 3 sampe jam 4 biasanya suka dipake solat malem,, aman-aman ajj tuh

    ReplyDelete
  11. Jam 3 pagi itu waktu 1/3 malam waktu saat Tuhan turun ke bumi

    ReplyDelete
  12. kita mah bangun jam 3 pagi senang banget, waktu yang mahal karena gak banyak orang yang bisa bangun jam segitu, waktu yang paling mudah di kabulkan doa nya ya jam segitu

    ReplyDelete