Penemuan Relief Misterius di Kuil Kuno Bingungkan Arkeolog

Relief misterius di kuil kuno.
Bagi masyarakat kuno, menyembah dewa merupakan sebuah bentuk keagamaan. Banyak sekali dewa-dewa yang disembah, yang mempuna=yai diri khas tertentu. Dan kini, kita hanya bisa melihatnya lewat sebuah relief atau peninggalan-peninggalan.

Seperti sebuah relief misterius dari zaman Romawi, yang baru-baru ini ditemukan di Gaziantep, Turki. Relief yang ditemukan di sebuah kuil kuno dewa Jupiter Dolichenus, memperlihatkan seorang pria berjanggut muncul dari tanaman berbunga.

Relief ini membingungkan para arkeolog, yang menggali situs tersebut. Kota Gazientep sendiri telah di tempati selama ribuan tahun, yang menjadi persimpangan banyak budaya, dari mulai  orang Het kuno sampai ke Aram.

Kuil kuno yang berusia lebih dari 2.000 tahun ini, hancur saat agama Kristen muncul, dan kemudian mereka membangun gereja di bekas reruntuhan kuil ini. Dan setelah Islam muncul, gereja tersebut berganti menjadi Mesjid.

Sementara, bangunan asli dari kuil dewa Jupiter Dolichenus tidak dihancurkan, tetapi bangunan yang ada sekarang berdiri di atasnya. Cukup susah untuk menemukan kuil kuno ini, dan para peneliti harus bersusah payah menemukannya.

Dewa yang ada di dalam relief tersebut, kemungkinan besar merupakan anak dari dewa Jupiter. Walaupun tidak ada keterangan yang jelas yang menggambarkan pria yang muncul dari tanaman tersebut. Penelitian oleh arkeolog masih dilanjutkan, untuk menemukan bukti yang lebih kuat yang bisa menggambarkan sosok pria dalam relief tersebut.


via Livescience.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penemuan Relief Misterius di Kuil Kuno Bingungkan Arkeolog"

  1. Banyak penemuan purbakala yang mengejutkan. Kita harus menjaganya. Jangan sampai jejak peradaban jaman dulu hilang begitu saja. Anak cucu kita harus mengetahuinya.

    ReplyDelete