NASA Buat Peta Asteroid yang Pernah Menghantam Bumi

Peta asteroid yang menghantam Bumi.
Kebanyakan batu asteroid yang menghantam berukuran kecil, dan akan terbakar saat bergesekan dengan atmosfer. Tetapi tidak semuanya mempunyai ukuran yang sama, bahkan ada beberapa yang sampai kepermukaan tanah dan menyebabkan ledakan.

Seperti pada Februari tahun ini, asteroid selebar 22 meter dan berat 10.000 ton menghantam permukaan Bumi, tepatnya di daerah Ural, Rusia. Saat asteroid tersebut terbakar di atmosfer dan menghantam Bumi, sempat terekam kamera di salah satu mobil yang hendak berangkat kerja.

Cahaya yang cukup terang terlihat di langit Chelyabinsk dan menyebabkan kerugian hampir US$33 juta. Dan asteroid tersebut merupakan yang terbesar, yang di petakan oleh NASA saat ini.

Beberapa hari lalu juga seorang pemotor melihat cahaya terang di sekitar San Antonio, Texas. Memang jumlah asteroid yang menghantam Buni setiap harinya cukup banyak, namun sebagian besar akan menghilang dan memperlihatkan cahaya terang saja di langit.

Untuk itu NASA membuat sebuah program bernama Near Earth Object (NEO), yang membuat peta dan data tentang objek yang pernah menghantam Bumi, selama kurun waktu 20 tahun, disertai dengan besar ukuran dari benda tersebut.

Tujuannya adalah untuk melindungi Bumi di masa depan, terhadap benda potensial yang dapat merusak. Dan tahun 2020, NASA akan mengembangkan program bernama Asteroid Redirect Mission (ARM) yang akan memantau jalur asteroid, apakah berbahaya bagi Bumi atau tidak.

via Daily Mail
loading...

1 Response to "NASA Buat Peta Asteroid yang Pernah Menghantam Bumi"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete