Berapa Hari Kita Bisa Hidup Tanpa Air?

Air kemasan.
Air merupakan sumber kehidupan, maka tidak heran jika sekitar 65 persen tubuh kita berupa air. Manusia sendiri memang tidak bisa terlepas dari kebutuhan akan air, oleh sebab itu, sumber air sangat penting dipelihara untuk menunjang kehidupan.

Selain air, kita juga membutuhkan makanan untuk menunjang kehidupan, mengganti sel-sel yang rusak atau mati, dan untuk pertumbuhan. Tetapi, jika kita tersesat, atau berada di alam liar, dan tidak ada sumber air, maka pertanyaannya adalah, berapa kita bisa bertahan hidup?

Untuk bertahan hidup di alam liar ada "aturan tiga", yaitu semuanya yang berhubungan dengan tiga. Kita bisa hidup tiga menit tanpa udara, walaupun hal itu jangan pernahkita lakukan. Di lingkungan yang ekstrem, seperti bersalju, kita bisa bertahan tiga jam tanpa perlindungan.

Setelah tiga hari tanpa air, kita membutuhkannyaa untuk bertahan hidup. Dan dalam tiga minggu, kita masih bisa bertahan hidup tanpa makanan, walaupun itu bukanlah hal yang menyenangkan.

Bahkan dalam aturan itu, ada pengecualian, jika seseorang bisa bertahan hidup tanpa air selama 8-10 hari. Seperti kita ketahui, air mengalirkan darah, dan darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, dan mengambil sisa metabolisme di dalam tubuh.

Tanpa air, kehiatan rutin tubuh kita akan terganggu, dan kita tidak bisa mencerna dan menyerap nutrisi dalam makanan.

via LiveScience

1 Response to "Berapa Hari Kita Bisa Hidup Tanpa Air?"

  1. Save the Water. :)
    Allah Maha Kaya,,, telah meberikan air yang melimpah ruah, dan kita patut mensyukuri dengan menjaga air agar tidak tercemar.
    Terima kasih infonya...

    ReplyDelete