Misteri Kalender Angkasa Berumur 3.600 Tahun

Kalender bintang yang membingungkan.
Sejak jaman dahulu, orang-orang telah mengenal penanggalan. Bahkan tanggal pada kalender yang kita gunakan saat ini, berasal dari ribuan tahun silam. Selain tahun Masehi, ternyata ada beberapa tahun yang digunakan dalam kalender.

Seperti di ajaran agama Islam mengenal dengan tahun Hijriyah, atau di Tiongkok ada tahun yang dengan penanggalan berbeda. Namun pada dasarnya, setiap tahun yang dikenal berdasarkan dua petunjuk, yaitu bulan, matahari dan bintang.

Peredaran ketiganya yang menjadi patokan kaum terdahulu, untuk membuat penanggalan.  Namun ada juga yang membingungkan astronom hingga kini, yaitu 'kalender bintang,' yang ditemukan sekitar tahun 1999.

Kalender berbentuk piringan tersebut bernama The Nebra Sky Disc, yang diperkirakan dibuat pada zaman perunggu, atau sekitar 1.600 Sebelum Masehi (SM). Dan para ahli yakin, ini adalah kalender bintang pertama yang pernah dibuat.

Di dalam piringan kalender tersebut, terdapat bintang, matahari, dan bulan dengan diameter 32 centimeter. Dan dipercaya sebagai penanda untuk memulai bercocok tanam dan memanen tanaman.

Piringan kalender ini ditemukan di Jerman pada tahun 1999, dan ditemukan bersamaan dengan pedang dari perunggu, kapak kecil, gelang dan fragmen lainnya.


via Daily Mail
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Misteri Kalender Angkasa Berumur 3.600 Tahun"

  1. keren banget tipsnya. blog yang seperti ini yang saya suka..selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca..update trus sob by
    cara mendapatkan uang dari internet

    ReplyDelete
  2. ternyata banyak sekali misteri yang belum terungkap pada dsarnya jaman dahulu memang pengetahuannya sudah canggih namaun media mereka hanya alam.

    www.sahabatpena.com

    ReplyDelete