Mumi Berumur 1.000 Tahun Ditemukan Meringkuk Seperti Janin

Mumi wanita yang sedang meringkuk.
Lebih dari 1.000 tahun yang lalu, seorang wanita berumur 50 tahun dikuburkan dalam sebuah upacara di pemukiman kuno Pachacamac, dekat kota Lima, Peru. Kerangka tersebut kini terungkap setelah menjadi mumi, di sebuah situs yang jaraknya hanya beberapa meter dari kuil kuno.

Arkeolog menemukannya dalam kondisi meringkuk, persis seperti janin di dalam perut. Dengan hati-hati dan tidak ingin merusak penemuan mumi tersebut, arkeolog sangat hati-hati memindahkannya. Dan kini, mumi tersebut akan dipamerkan di sebuah museum di Prancis.

Mumi dari peradaban pra-Inca tersebut, akan dipajang kepada publik di Musee de Confluences di Lyon akhir bulan ini. Dan akan disandingkan dari berbagai peradaban dunia lainnya yang telah punah di seluruh dunia.

Pachacamac sendiri berada sekitar 25 kilometer sebelah selatan ibukota Peru. Lebih dari 80 kerangka mumi, termasuk bayi yang dibunuh atas alasan ritual, ditemukan di sana pada tahun 2012.

Ribuan orang diperkirakan pernah tinggal di kota kuno tersebut, antara tahun 800 sampai 1450, dan mereka meyakini dewa Paca Kamaq, yang menciptakan manusia pertama kali. Dan sebagian besar peradaban mereka saat itu maju sangat pesat, sehingga mendirikan banyak sekali piramid di Amerika Selatan saat itu.

via Daily Mail

0 Response to "Mumi Berumur 1.000 Tahun Ditemukan Meringkuk Seperti Janin"

Post a Comment