10 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Melewatkan Makan

Masalah pencernaan.
Makan merupakan kebutuhan pokok. Setiap hari kita diwajibkan makan sesuai dengan aturan, dan waktu yang tepat. Agar kesehatan kita tetap terjaga dan badan tidak menjadi lesu atau loyo. Tetapi bagi sebagian orang, kadang melewatkan makan ini dengan beragam alasan.


Mulai dari sibuk karena pekerjaan, berada di perjalanan hingga lupa. Melewatkan makan sekali atau dua kali mungkin tidak menimbulkan masalah kesehatan yang banyak, tetapi jika membuat ini menjadi kebiasaan dapat mempengaruhi kesehatan Anda lebih serius.

Anda harus menyadari beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda, ketika Anda melewatkan waktu makan. Namun makan tepat waktu, akan memberikan banyak sekali manfaat kesehatan. Tapi ingat, selalu makan makanan yang sehat, sehingga rencana diet Anda seimbang.

Di sini kita dapat membahas tentang 10 hal yang bisa terjadi pada tubuh, ketika Anda melewatkan waktu makan.

1. Bila Anda melewatkan waktu makan, keseimbangan hormon akan terpengaruh. Kortisol Anda meningkat dan ini akan membuat Anda tegang. Perubahan hormon ini juga terkait terhadap peningkatan berat badan.

2. Metabolisme glukosa buruk. Insulin akan terpengaruh dan ini akan berdampak serius pada kadar glukosa darah Anda. Perubahan hormon ini juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

3. Bila Anda melewatkan waktu makan, ritme sistem pencernaan akan terpengaruh. Disarankan untuk makan sehat pada waktu yang hampir sama setiap harinya, untuk menjaga fungsi sistem pencernaan Anda sehat.

4. Melewatkan makan akan membingungkan tubuh Anda. Hal ini akan mengakibatkan metabolisme lemak terganggu, yang pada akhirnya akan menyebabkan obesitas.

5. Melewatkan makan akan mempengaruhi kebiasaan makanan Anda. Bila Anda tidak menganggap makan sebagai prioritas, hal itu dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda.

6. Melewatkan makan memperlambat metabolism, dan ini akan membuat Anda lebih mudah lelah. Ini akan mempengaruhi fungsi normal dari keseluruhan sistem.

7. Komplikasi diabetes. Jika Anda adalah pasien diabetes, melewatkan makan akan memiliki dampak serius pada tubuh. Kekurangan glukosa akan membuat Anda lebih lelah dan dalam kasus-kasus serius, akan mengurangi ketersediaan glukosa di otak.

8. Perubahan suasana hati. Tak heran jika merasa 'lapar' membuat Anda mudah 'marah'! Perubahan suasana hati adalah salah satu masalah yang paling umum, yang harus Anda hadapi ketika Anda melewatkan waktu makan. Hal ini terutama disebabkan oleh variasi dalam aksi hormon.

9. Menguras 0tak. Glukosa akan berkontribusi dalam waktu empat sampai enam jam setelah makan. Jika Anda melewatkan makan berikutnya, otak Anda akan kekurangan 'bahan bakar.' Melewatkan makan dapat membuat sepanjang hari Anda lebih parah.

10. Kemungkinan saat Anda melewatkan makan adalah, Anda akan makan lebih banyak ketika makan berikutnya. Jika Anda mempertimbangkan diet, melewatkan makan akan lebih berbahaya daripada makan tiga kali sehari pada waktu yang teratur setiap hari.

via Boldsky.com
loading...

1 Response to "10 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Melewatkan Makan"

  1. Bagi saya, melewatkan waktu makan membuat kerja tidak fokus dan mudah lelah. Sering terjadi kesalahan dalam bekerja.

    ReplyDelete