Ikan Ini Mampu Hidup di Bawah Lapisan Tebal Es Antartika

Ikan yang hidup didasar lapisan es.
Ikan merupakan hewan berdarah dingin, sehingga banyak jenis ikan yang mampu bertahan hidup di suhu yang cukup ekstrem. Terutama di daerah yang beriklim dingin dan bersalju, ikan masih mampu hidup.


Ikan juga ditemukan di beberapa laut terdalam dunia, seperti di palung Mariana, yang merupakan sisi terdalam laut yang pernah diukur oleh manusia. Namun apa jadinya jika ikan mampu bertahan di bawah lapisan tebal es antartika?

Mungkin ini akan mengejutkan Anda, demikian juga para peneliti yang tergabung dalam penlitian mengukur kedalaman salju di Antartika, yang selama ini bergerak cepat. Merekatidak pernah menduga menemukan ikan yang mampu hidup di kedalaman 740 meter di bawah permukaan salju.

Awalnya mereka hanya melakukan pengeboran rutin, untuk melihat ketebalan salju di sana. Tetapi ketika mencapai kedalaman 740 meter, mereka menemukan ikan dengan panjang sekitar 15 centimeter di bawah suhu yang cukup ekstrem.

Ikan berwarna biru kecoklatan tersebut, mempunyai warna tubuh yang transparan. Selama beberapa jam, kamera yang dilibatkan ke dalam mesin pengebor di kelilingi sekitar 30 ikan.

"Saya terkejut. Di sana sunyi, makanan sedikit, dan tidak banyak mendukung kehidupan. Sudah jelas ini adalah ikan yang tinggal di sana," ucap Ross Powell.

Selain ikan, tim peneliti dari Universitas Nebraska ini menemukan beberapa jenis udang, serta invertebrata lainnya yang lebih kecil. Pengeboran yang dilakukan pada es seluas Prancis ini terus dilakukan pengembangan, setelah ditemukannya ikan yang hidup di suhu sangat ekstrem tersebut.

via dailymail

1 Response to "Ikan Ini Mampu Hidup di Bawah Lapisan Tebal Es Antartika"

  1. Ikan yang unik dan aneh. Berarti ikan ini tidak bisa membeku.

    ReplyDelete