Kuburan Dasar Laut Terbesar di Dunia Berisi Ratusan Pesawat

Bangkai pesawat.
Sejak industri dimulai, laut menjadi pembuangan terakhir sisa-sisa produksi. Mulai dari air limbah yang mengalir ke laut, hingga barang-barang lainnya yang susah didaur ulang, masuk ke lautan yang sangat luas.


Kini laut sudah tidak bersih lagi, terlebih saat plastik kian marak digunakan. Selain sampah dan limbah, ternyata laut juga menjadi pembuangan dan kuburan bagi banyak kapal dan pesawat, baik yang disengaja 'dibuang', hingga yang mengalami kecelakaan.

Salah satunya ada di Samudera Pasifik, sekitar 1.600 kilometer dari negara terdekat, berjajar ratusan bangkai kapal dan pesawat di dasar laut. Yang ditenggelamkan pada saat Perang Dunia Kedua berlangsung.

Lebih dari 40 kapal Jepang dan 250 pesawat terbaring di tempat bernama Truk Lagoon, yang jaraknya sekitar 1.118 mil dari Micronesia. Dan kuburan bawah laut ini menjadi yang terbesar di seluruh dunia.

Bangkai-bangkai pesawat dan kapal ini hasil dari serangan sekutu yang berlangsung dua hari, dari serangan yang dinamakan Operation Hailstone, sekitar 17-17 Februari 1944.

Kini, di tempat ini menjadi rumah bagi terumbu karang, yang berkembang dengan baik. Dan menjadi tujuan bagi penyelam dari seluruh dunia.

Untuk melihat foto-fotonya, silahkan klik tautan berikut ini: Daily Mail
loading...

1 Response to "Kuburan Dasar Laut Terbesar di Dunia Berisi Ratusan Pesawat"

  1. yang kasihan biota di laut. Mereka yang akan tercemar dan jika hal ini terus berlangsung dalam jangka yang lama, maka manusia sendiri yang memetik dampak buruknya.

    ReplyDelete