Wanita Ini Ceritakan Hancurnya Paru-paru Akibat Merokok

Kirsty Vass.
Siapapun tahu, jika rokok tidak baik untuk kesehatan, demikian juga produsen rokok itu sendiri. Makanya tidak heran, jika di dalam kemasan rokok selalu terlihat peringatah, jika merokok berisiko penyakit jantung, kanker dan gangguan kesehatan lainnya.


Namun banyak orang saat ini yang tidak kunung jera, bahkan jumlah perokok muda kian hari kian bertambah. Dan ini cukup memprihatinkan. Apalagi jika kebiasaan buruk ini dilakukan sejak dini, bisa merusak tubuh lebih buruk lagi.

Seperti yang diceritakan oleh wanita yang berumur 33 tahun bernama Kirsty Vass, di mana ia menghisap rokok sedikitnya 20 batang perhari yang dilakukannya sejak umur 15 tahun. Dan apa yang terjadi padanya saat ini, cukup mengejutkan.

Wanita satu anak ini berasal dari Torbay, Devon, dan ia kini merasa sesak bahkan susah bernapas saat menggosok giginya. Wanita ini didiagnosa terserang amphysema, yaitu penyakit paru-paru yang biasanya menyerang mereka yang berumur lebih dari 65 tahun.

Kini ia hanya bisa menyesali, apa yang dilakukannya lebih dari 16 tahun silam. Ia beruntung, setiap pagi masih bisa bangun dan melihat anaknya. Ia juga harus kehilangan pekerjaannya, karena sudah tidak mampu lagi untuk bekerja.

"Ini adalah penyakit yang diderita orang yang sudah tua. Saya seharusnya tidak mendapatkannya hingga berumur 65 tahun, tetapi kini baru berusia 33 tahun," ucap Vass.

Yang ia lakukan kini hanya menghimbau, bagi siapa saja yang masih melakukan kebiasaan buruk ini untuk segera meninggalkannya, sebelum terlambat. Karena penyesalan selalu datang terakhir, dan waktu tidak bisa diputar kembali.

"Saya hanya ingin membantu orang-orang untuk mengerti jika merokok bisa membuat kerusakan yang parah terhadap tubuh. Jika perokok menghabiskan waktu satu hari bersamaku, ia mungkin akan mengerti untuk segera menghentikan kebiasaan merokok," tambahnya.

Selama aktif merokok, ia tidak pernah mendapatkan masalah kesehatan yang berarti. Bahkan ia meningkatkan membakar setiap batang rokok, menjadi 20 batang perhari dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Namun setelah ia merasakan ada yang seperti menusuknya di dada, ia mengetahui ada yang salah dengan paru-parunya.

Ditambah saat akan menggosok gigi, ia bagaikan menghirup udara dari sedotan. Begitu sesak, bahkan sesak. Dan setelah ia memeriksakan diri ke dokter, di bulan November 2013, paru-paru sebelah kirinya rusak parah.

Kini ia hanya bisa menyesali perbuatannya tersebut. Karena dokter sudah tidak mampu lagi melakukan apapun juga.

Lalu apakah Anda ingin segera berhenti merokok? Mencegah akan lebih baih daripada mengobati.

via Dailymail.co.uk

0 Response to "Wanita Ini Ceritakan Hancurnya Paru-paru Akibat Merokok"

Post a Comment