'Dinosaurus Hidup' Ditemukan Nelayan Australia

Hiu Goblin.
Sebuah spesies hiu sangat langka, yang sering dianggap sebagai 'dinosaurus hidup,' telah tertangkap di lepas pantai New South Wales, Australia. Dan penemuan ini cukup mengejutkan dan membuat takjub nelayan setempat.

Spesies yang dikenal sebagai hiu goblin ini, sangat jarang sekali terlihat. Karena mereka biasanya hidup di perairan dalam, dekat dengan dasar laut. Yang mempunyai kedalaman sekitar 1.200 meter di bawah permukaan laut.

Hiu jeni ini tidak menyukai sinar matahari, dan lebih memilih hidup di kegelapan dasar laut, mereka juga dikenal sering disebut sebagai 'hiu vampir' karena bentuknya yang cukup menakutkan.

Dan spesimen kecil ini ditangkap oleh jaring oleh nelayan.  Lochlainn Kelly dan ayahnya Mike saat itu membenamkan jaring hanya 609 meter di bawah permukaan air, di dekat Green Cape lepas pantai selatan New South Wales, dan dibawa ke pantai di Merimbula utara

Makhluk menyeramkan ini tampak memiliki perut kembung berwarna merah muda, dengan sirip abu-abu, hidung runcing dan deretan pendek gigi tajam.

"Saya tidak panik, namun saya sangat bersemangat. Saya telah melihat foto-foto mereka sebelumnya, tapi belum pernah melihat secara langsung," kata Lochlainn Kelly.

Di Merimbula, tepatnya di Wharf Aquarium, seorang kurator Michael McMaster dan Alan Scrymgeour mempelajari makhluk itu. Mereka begitu terpana oleh penemuan tersebut.

Hiu Goblin adalah spesies terakhir yang diketahui dari jenis Mitsukurinidae, keluarga hiu yang berasal dari 125 juta tahun yang lalu.

Hiu goblin dewasa biasanya memiliki panjang antara tiga dan empat meter. Namun spesimen yang ditemukan hanya 1,2 meter, dan peneliti meyakini jika usianya sekitar 2-3 tahun.

"Gigi mereka sering ditemukan pada kabel listrik bawah laut. Banyak nelayan telah mengatakan bahwa arus sangat berbeda tahun ini," kata Mr McMaster Narooma News.

Hal tersebut memungkinkan ada hubungannya, bagaimana hiu ini bisa terjaring oleh nelayan. Hiu ini direncanakan akan dikirim dari Wharf Aquarium ke Australia Museum di Sydney untuk ditampilkan.

via dailymail.co.uk

1 Response to "'Dinosaurus Hidup' Ditemukan Nelayan Australia"

  1. This is my first opportunity to visit this website. I found some interesting things and I will apply to the development of my blog. Thanks for sharing useful information
    outbound

    ReplyDelete