Ditemukan Tikus Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

Fosil tikus.
Jika mendengar kata tikus, pasti kita telah membayangkan tentang mahluk pengerat yang menjijikkan dan tinggal di lingkungan yang kotor. Dan kenyataannya memang demikian, karena mahluk pengerat ini sering menjadi hama bagi manusia.

Bukan hanya mereka yang tinggal di pedesaan, di mana tikus bisa merusak tanaman. Di kota-kota besar pun, tikus kerap menjadi hewan pembawa wabah. Terutama saat banjir, air kencing tikus kerap menjadi pembawa penyakit Leptospirosis.

Tetapi jika melihat ukuran tikus saat ini, cenderung lebih kecil. Namun di beberapa negara, tikus kini mulai tumbuh membesar kembali, seperti di Inggris. Banyak tikus dengan berat sekitar satu kilogram ditemukan. Tetapi, seberapa besar ukuran tikus yang sebenarnya?

Ternyata, beberapa ribu tahun silam, tepatnya di Timor Leste, Asia Tenggara, tikus pernah berukuran sama seperti kucing rumahan. Ketika mereka hidup, beratnya bisa mencapai 6 kilogram, tentu bagi yang melihatnya akan ketakutan dengan ukuran tikus sebesar itu.

Sisa-sisa kerangka tikus ini ditemukan di sebuah gua, bersama dengan 13 kerangka jenis lainnya, dan 11 di antaranya merupakan penemuan baru di Ilmu Pengetahuan.

Bayangkan, dengan rata-rata tikus rumahan yang mencapai 150 miligram, tentu Anda akan membayangkan tikus monster. Dalam uji karbon, kerangka tikus monster tersebut berasal dari 1.000-2.000 tahun silam.

"Orang-orang yang tinggal di pulau Timor selama lebih dari 40.000 tahun memburu dan memakan tikus selama periode ini, namun kepunahannya terjadi baru-baru ini," kata peneliti Ken Aplin dari CSIRO.

Meskipun sebagian besar Timor hari ini kering, tetapi dahulu tempat ini pernah ditutupi oleh hutan hujan yang rimbun. Dan itu merupakan habitat yang sangat baik untuk spesies tikus berkembang hingga keukuran yang sangat besar.

via livescience.com

0 Response to "Ditemukan Tikus Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi"

Post a Comment