Ribuan Koin Emas Kuno Ditemukan di Lepas Pantai Israel

Koin-koin emas di dasar laut.
Penemuan harta karun selalu membuat heboh siapapun yang menemukannya. Biasanya, penemuan harta karun banyak ditemukan di laut yang berasal dari kapal karam berusia hingga ribuan tahun.

Sebuah penemuan harta karun yang cukup besar di laut, kembali terjadi. Kali ini berupa koin emas berumur ribu tahun, yang telah ditemukan di sebuah pelabuhan kuno di lepas pantai Israel.

Koin yang tertimbun ini, pertama kali ditemukan oleh anggota klub scuba diving amatir, saat mereka melakukan penyelaman tidak jauh dari pelabuhan tersebut. Lalu berapa nilai harta karun yang ditemukan tersebut, dan dari mana asalnya?

Temuan harta ini dimungkikan berasal dari kapal karam kuno, yang dulunya sarat dengan harta. Namun gelombang laut yang tinggi saat itu, menyebabkan kapal kandas di laut.

Koin-koin ini ditemukan di lepas pantai Kaisarea, sebuah kota pelabuhan yang dibangun oleh Raja Herodes Agung sekitar 2.000 tahun yang lalu. Pada saat sebagian besar uang dicetak, Kaisarea adalah sebuah kota pelabuhan yang ramai yang merupakan pusat Kerajaan Fatimiyah.

Pada puncaknya, Fatimiyah menjadi kerajaan yang sangat kaya, pemerintahannya mencakup wilayah yang membentang di sebagian besar Afrika Utara dan sebagian besar Mediterania, dan memiliki 12 juta dinar di kas pusat.

Penyelam yang awalnya menemukan koin ini pertama kali berpikir ini adalah mainan. Namun, ketika mereka mengambil melihat lebih dekat, mereka menemukan beberapa koin emas berkilauan dalam cahaya.

Direktur klub melaporkan penemuan ini ke Israel Antiquities Authority, dan mereka kembali ke tempat ditemukannya koin dengan membawa detektor logam. Dan tim menemukan hampir 2.000 koin emas dalam kondisi dingin.

"Terlepas dari kenyataan koin ini berada di dasar laut selama sekitar seribu tahun, tidak memerlukan pembersihan atau intervensi konservasi dari laboratorium metalurgi," Robert Cole, seorang numismaticist dengan Israel Antiquities Authority, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Itu karena emas, sebagai logam mulia, tidak bereaksi dengan air atau udara," Cole menambahkan.

Kemungkinan besar badai musim dingin menggeser pasir di lepas pantai, sehingga harta tersebut terungkap.

Awal mula koin ini merupakan simpanan, yang dicetak di Italia sekitar abad kesembilan. Sebagian besar koin emas, yang dicetak di Afrika Utara dan Mesir, yang diproduksi selama pemerintahan khalifah Fatimiyah Al-Hakim dan Al-Zahir, yang memerintah antara tahun 996 dan AD 1036.

Banyak koin yang bengkok atau memiliki tanda gigi, yang mungkin ditinggalkan oleh pedagang kuno yang memeriksa keaslian uang dan kandungan campurannya.

Tidak jelas, bagaimana koin berakhir di dasar laut. Ini bukan pertama kalinya bahwa arkeolog telah menemukan harta bersejarah. Dan saat ini koin-koin tersebut diamankan oleh pemerintahan Israel.

via livescience.com
loading...

0 Response to "Ribuan Koin Emas Kuno Ditemukan di Lepas Pantai Israel"

Post a Comment