Arkeolog Temukan Mumi Bayi Pra-Inca di Peru

Mumi bayi. Foto
Penemuan-penemuan mumi kembali berlanjut, setelah sebelumnya ditemukan berbagai mumi baik diawetkan oleh alam maupun buatan manusia. Kini penemuan mumi kembali ditemukan, dalam sosok seorang bayi mungil.


Mumi bayi ini diperkirakan beruumur lebih dari 1.000 tahun yang lalu, di mana bayi pra-Inca ini dimakamkan di bukit tandus Peru. Penamuan ini adalah penemuan di antara puluhan kerangka mumi yang terawat, yang ditemukan oleh para arkeolog di pinggiran ibu kota Lima.

Penemuan itu dilakukan oleh para ahli yang disewa oleh pemerintah, untuk mencari lereng bukit yang baik untuk ditetapkan sebelum pembangunan jalan baru.

Baru berselang tiga hari, proyek arkeolog menemukan kuburan, menurut National Geographic News.  

"Sekarang kami memiliki lebih dari 40 mumi dan jumlahnya meningkat setiap hari," kata Guillermo Cock, seorang arkeolog Lima berbasis, dilaporkan mengatakan kepada Mail Online.

"Mengingat jarak yang dekat dengan kota dan tradisi penjarahan di daerah ini, kami benar-benar terkejut bahwa kompleks makam ini sebagian besar tidak terganggu, sebagian besar utuh, sebagian besar tidak terjamah, tambahnya.

Total tim arkeolog menemukan sekitar 26 makam, yang berisi anak-anak dan orang dewasa.

Penemuan terbaru ini terletak dekat dengan Puruchuco-Huaquerones-- pemakaman terbesar yang pernah digali dari peradaban Inca.

Dalam 60 tahun terakhir, para peneliti telah meneliti hanya 10 persen dari situs bersejarah yang masih utuh yang ditemukan.

Sejauh ini mereka telah menemukan 2.000 mumi, keramik dan ratusan keping tekstil, perak, tembaga dan emas.

Mumi-mumi dan benda bersejarah lainnya telah dipindahkan ke museum, sebelum pemerintah daerah bergerak melanjutkan pembangunan jalan raya baru.

Arkeolog telah hati-hati memeriksa sisa-sisa mumi yang terawat baik.

Dalam beberapa tahun terakhir ribuan mumi telah ditemukan di Peru oleh arkeolog. Salah satu yang paling terkenal yang pernah terungkap adalah 'Juanita the Ice Maiden," seorang gadis diawetkan dalam es di gunung.

0 Response to "Arkeolog Temukan Mumi Bayi Pra-Inca di Peru"

Post a Comment