Tiga Penyebab Doa Anda Tidak Dikabulkan

Berdoa. Foto
Tidak ada manusia yang sempurna, itulah mengapa kita hidup sebagai manusia sosial. Karena bagaimana pun, kita tidak bisa hidup sendirian, dan membutuhkan orang lain, untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa kita lakukan.

Bagi umat Islam, selain membutuhkan pertolongan orang lain, kita juga membutuhkan doa yang senantiasan dipanjatkan kepada Tuhan, Allah SWT. Yang tujuannya tentu kebutuhan kita akan pertolongan Allah, sebagai sandaran dan berkeluh kesah di mana manusia tidak bisa melakukannya.

Namun adakalanya doa yang kita panjatkan tidak akan terkabul dengan cepat. Dan ada juga doa-doa yang memang ditolak. Anda tentu penasaran, apa yang membuat doa yang kita panjatkan setelah salat tidak terkabul. Maka Anda perlu tahu beberapa alasannya.

Dalam beberapa hadits Nabi Muhammad SAW dijelaskan, setidaknya ada tiga hal yang membuat doa kita tertolak, dan enggan dikabulkan oleh Allah SWT.

Berikut tiga alasannya:

1. Lalai, kerap berbuat maksiat, dan ragu kepada Allah SWT.
Dalam haditsnya Rasulullah SAW bersabda: "Berdoalah kepada Allah dalam kondisi engkau yakin doa tersebut diijabah. Ktehauolah bahwa Allah tidak menerima doa yang berasal dari kalbu yang lalai dan alpha." (Hadits Riwayat At-Tirmidzi)

Oleh sebab itu, keyakinan kita akan doa yang kita panjatkan merupakan kewajiban sata kita memanjatan doa. Jangan sampai ada keraguan sedikitpun di dalamnya.

2. Memakan makanan haram.
Mungkin sebagian kita ada yang masih mengonsumsi makanan haram ini baik secara sengaka atau tidak sengaja. Maka mengecek setiap makanan yang akan kita telan, adalah kewajiban sebagai muslim.

Dalam hadistnya Rasulullah SAW bersabda: "Ada Ada seseorang yang melakukan perjalanan, rambutnya kusut, pakaiannya lusuh, ia mengangkat tangannya ke langit, 'Wahai Tuhan..' sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan nutrisinya dari yang haram. Bagaimana mungkin doanya diterima?!" (Hadits Riwayat Muslim).

3. Jangan tergesa-gesa dan putus asa.
Bagi sebagian orang, terutama mereka yang mempunyai hutang, biasanya ingin segera bisa melunasinya. Dan terkadang berdoa dengan tergesa-gesa, dan tidak istiqamah. Lantas bagaimana bisa dikabulkan, jika kita hanya menuntut doa tersebut dikabulkan?

Dalam hadits Rasul saw bersabda, "Doa kalian diijabah selama tidak tergesa-gesa. yaitu dengan berkata, 'Aku sudah berdoa tapi belum dikabulkan juga.'" (HR muttafaq alayh).

Selain ketiga hal di atas, ada baiknya Anda memulai doa dengan bersalawat. Serta jangan Anda tinggalkan kewajiban wajib, terutama salat. Dan tetap berusaha, jika Anda bekerja, maka lakukan pekerjaan Anda dengan ikhlas.

Dan yakin, Allah SWT akan membantu hamba-hambanya yang seantiasa berdoa kepadanya. Selama kita ingat kepadanya.

Jangan lupa untuk tetap bersedekah, karena apapun kondisi kita saat ini, pasti ada yang lebih membutuhkannya. Dan yakin, dengan bersedekah, rejeki kita akan lancar.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tiga Penyebab Doa Anda Tidak Dikabulkan"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete