Bocah 7 Tahun Perokok Aktif Asal Jabar Disorot Dunia

Dihan Awalidan. Foto
Kita tahu jika rokok merugikan kesehatan, dan semua sepakat akan hal tersebut, termasuk produsen rokok yang mencantumkan gambar-gambar menyeramkan di bungkusnya. Maka tidak heran, pembatasan iklan rokok kian diperketat.

Indonesia sendiri termasuk negara produsen tembakau yang cukup besar, di mana berbagai merek rokok baik dari luar negeri dan dalam negeri, mudah ditemukan di sini. Sehingga siapapun dengan mudah untuk membeli barang yang membuat kecanduan ini.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun kini dengan mudah bisa mengakses kepada pembelian rokok ini. Tentunya ini menjadi kekhawatiran, karena generasi bangsa terancam oleh produk-produk yang tidak bermanfaat ini.

Dari sekian banyak perokok aktif di kalangan anak dan remaja, salah satunya adalah bocah bernama Dihan Awalidan yang berasal dari Jawa Barat. Bocah yang berasal dari desa Cicapar ini, sudah kecanduan rokok.

Kebiasaannya merokok, membuatnya menjadi bahan perbincangan media-media internasional, dan salah satunya media asal Inggris, mirror.co.uk, yang menyorot kebiasaannya merokok 16 batang sehari, di mana sebelumnya ia merokok tiga bungkus rokok perhari.

Dalam artikelnya, ia dan teman-temannya bernama Nawan, Juju, dan Dede menjadikan kebiasaan buruk merokok ini sulit untuk dihilangkan. Karena mereka berempat kerap menghabiskan batang demi batang rokok dalam satu hari.

Tingginya iklan rokok baik berupa banner dan iklan di media, membuat kebiasaan merokok di kalangan anak mudah sulit untuk dihilangkan, tentunya ini sangat disayangkan.

Orangtua Dihan mengaku kewalahan, terhadap kebiasaan buruk anaknya tersebut. sang ayah bernama Iyan mengatakan, "Dihan sudah mulai merokok semenjak umur tiga tahun. Jika ia tidak diberi uang untuk membeli rokok, ia akan marah dan mencuri."

"Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial untuk memasarkan rokok. Ini adalah kesalahan pemerintah dan industri rokok, yang dengan bebas bisa menjual produk rokok," ucap Matt Myers Presiden dari anti rokok untuk anak-anak.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkan memberi contoh yang baik untuk anak-anak, dengam memulai menghentikan kebiasaan buruk ini? Kalo bukan sekarang kapan lagi, kalu bukan kita sapa lagi yang bisa menyemalatkan generasi anak bangsa ini.
loading...

2 Responses to "Bocah 7 Tahun Perokok Aktif Asal Jabar Disorot Dunia"

  1. DPR malah berusaha menjadikan roko kretek sebagai budaya bangsa. Sunggu gila, bila roko kretek telah di sahkan sebagai budaya bangsa, semakin banyak anak anak yang merokok.

    ReplyDelete
  2. anehnya orang tua si anak malah tenang dan bukannya melarang

    ReplyDelete