Ditemukan Kapal Karam Penuh Koin Perak Rp663 Miliar

Koin perak. Foto
Di dunia ini ternyata masih banyak sekali harta karun yang tersimpan di lautan, hal ini terkait dengan tingginya lalu lintas laut. Baik yang berasal dari kapal-kapal kayu tempo dulu, hingga kapal-kapal besi yang sudah modern.

Hal ini terbukti selalu ada penemuan harta karun. Beberapa waktu lalu juga, sekelompok penyelam dengan tidak sengaja menemukan koin emas, yang nilainya miliaran rupiah, walaupun nilai sejarahnya lebih tinggi lagi.

Kali ini sebuah tumpukan koin perak juga ditemukan, nilai sangat besar mencapai Rp663 miliar. Koin perak ini tenggelam bersama kapal uap yang ditenggelamkan oleh Nazi, dan ditemukan pada kedalaman 5,150 meter.

Kapal uap The SS City of Cairo sedang melakukan perjalanan dari Bombay ke Inggris pada tahun 1942, ketika tiba-tiba sebuah torpedo diluncurkan oleh U-boat, yang berjarak 480 kilometer sebelah selatan dari St Helena, dan membawa sekitar 100 ton rupee. Dan kapal ini tenggelam begitu saja.

Perusahaan yang bekerja mencari di bawah air, Deep Ocean Search (DOS), dikontrak oleh Departemen Transportasi Inggris untuk mengambil koin dari kedalaman tersebut.

Seorang juru bicara untuk DOS mengatakan: "Ini menjadi pencarian paling sulit karena kedalaman air melebihi 5.000 meter, cuaca dan arus tidak bersahabat, menantang kami untuk melakukannya."

Ketika kapal itu akhirnya ditemukan, terlihat 'patah menjadi dua bagian dan terkubur di dasar lumpur.'

Penemuan kapal ini sendiri terjadi pada tahun 2013, namun baru sekarang ini diumumkan kepada publik.
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ditemukan Kapal Karam Penuh Koin Perak Rp663 Miliar"