Penyebab Lobster Berubah Warna Saat Dimasak

Lobster. Foto
Lobster merupakan makanan laut yang harganya cukup mahal. Sehingga jarang sekali binatang laut ini dijual di warung-warung pinggir jalan. Dan hanya sebagian orang yang mampu membelinya, terutama di restoran-restoran bergengsi.

Tapi apakah Anda memperhatikan, kenapa warna lobster bisa berubah warna saat dimasak? Sementara jika diperhatikan, lobster hidup biasanya mempunyai warna biru mengkilap.

Protein dalam cangkang menciptakan reaksi kimia, yang akan memberikan lobster warna lebih gelap gelap. Lalu apa yang terjadi pada tubuh lobster ketika mengalami pemanasan, terutama di penggorengan?

Ketika mengalami pemanasan, protein ini hancur dan hanya menyisakan kimia berwarna merah pada kulit lobster.

Para peneliti dari Manchester University yang membuat penemuan itu mengatakan, bisa membuka jalan untuk pewarna makanan baru terutama untuk es krim--karena kimia ini tidak larut dalam air-- atau tonik kesehatan yang baru.

Proses kimia ini juga dapat mencegah keracunan makanan, dengan memungkinkan titik sensitif panas saat ditempatkan pada makanan yang akan hilang ketika dimasak dengan benar.

Di alam liar, lobster menggunakan kulitnya yang berwarna biru-kehitaman untuk berkamuflase di dasar laut. Protein akan bereaksi dengan bahan kimia, untuk menekan warna oranye-merah keluar.

Namun, ketika dipanaskan dan lobster mati, protein ini hancur dan tidak direproduksi, menyebabkan warna biru menghilang. Secara khusus, penelitian ini mempelajari struktur 3D protein dengan astaxanthins.

"Ini adalah rasa ingin tahu ilmiah, tetapi juga mungkin memiliki aplikasi penting di dunia nyata," kata Profesor John Helliwell, dari Manchester University.

via dailymail
loading...

1 Response to "Penyebab Lobster Berubah Warna Saat Dimasak"

  1. semoga bermanfaat sebagai pewarna makanan baru yg lebih sehat.

    ReplyDelete