Rusia Pamerkan Tank Terbaru dengan Persenjataan Handal

T-14 Armata. Foto
Tentara Rusia telah meluncurkan tangk baru yang kuat, pada saat peringatan parade Perang Dunia II tahunan di Moskow pekan ini. Tank tersebut baru pertama kali diperlihatkan ke publik, setelah sebelumnya hanya terlihat di gambar-gambar.


Tank yang diberi nama T-14 Armata, memperlihatkan kegagahan dari sebuah tank yang memang berlum pernah dimiliki tank-tank lainnya yang pernah diproduksi. Bahkan tank yang dibuat negara-negara Barat pun dikalahkannya.

Tank ini memiliki meriam yangdapat dikendalikan dari jarak jauh, guna memberikan perlindungan bagi tentara yang sedang berperang. Lalu seperti apa kekuatan dari tank ini?

T-14 Armata yang akan menjalani uji coba tahun depan, adalah yang tank pertama Rusia sejak T-90 tidak lagi diproduksi pada tahun 1993.

Tank ini diperlihatkan di Moskow yang akan memperingati Parade Hari Kemenangan pada tanggal 9 Mei, sekaligus memperingati ulang tahun ke-70 dari penyerahan Nazi Jerman pada tahun 1945.

T-14 Armata saat di jalanan Rusia.
Tank baru ini diresmikan oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Selain itu, ada juga beberapa kendaraan lapis baja baru lainnya, yang merupakan hasil dari program persenjataan sepuluh tahun Rusia, di mana Presiden Vladimir Putin berencana untuk menghabiskan 20 triliun rubel atau lebih dari Rp4.800 triliun untuk senjata baru.

Tahun lalu, militer Rusia juga menerima sejumlah pesawat baru, rudal dan baju besi sejak runtuhnya Uni Soviet. Belanja pertahanan Rusia akan meningkat sepertiga pada tahun ini.

Pada tahun 2014, angkatan bersenjata Rusia memperoleh sejumlah 38 rudal balistik antarbenua, yang mempunyai hulu ledak nuklir. Tahun ini, mereka mendapatkan tambahan 50, yang memungkinkan militer untuk memenuhi tujuan yang ambisius menggantikan rudal nuklir Soviet.

Angkatan Laut Rusia sudah memiliki dua kapal selam yang dilengkapi dengan Bulava, rudal balistik berbasis kapal selam terbaru, lima lainnya akan menyusul.

Angkatan udara Rusia juga menerima lebih dari 250 pesawat baru dan helikopter tahun lalu, dan akan menerima lebih dari 200 buah tambahannya tahun ini.

Sejauh ini, 26 pemimpin dunia telah menerima undangan untuk ambil bagian di Parade Hari Kemenangan di Moskow, termasuk Presiden China, Xi Jinping, tetapi banyak kepala negara-negara Barat, termasuk Jerman dan Amerika Serikat enggan menghadirinya.

0 Response to "Rusia Pamerkan Tank Terbaru dengan Persenjataan Handal"

Post a Comment