Bandara 'Hantu' Spanyol Dilelang Rp190 Juta

Bandara hantu di Spanyol. Foto
Pembangunan biasanya akan berjalan seiring dengan pertumbuhan dan permintaan, baik itu sarana atau prasarana. Termasuk di antaranya bandara, apartemen, hingga mal. Namun tidak sedikit pembangunan tersebut berujung sia-sia.

Setelah beroperasi cukup lama atau bahkan dalam waktu singkat, bangunan yang ada ditinggalkan, karena kurangnya pengunjung. Dan salah satunya adalah bandara yang ada di Spanyol, dan disebut sebagai bandara 'hantu.'

Bandara yang ditinggalkan ini lalu dilelang, namun tidak mendapatkan tanggapan yang baik. Bahkan salah satu perusahaan asal Tiongkok menawarnya dengan harga yang sangat kecil, 10.000 kali lebih kecil dari biaya yang telah dikeluarkan untuk membangunnya.

Investor asal Tiongkok, Tzaneen Inernational, adalah satu-satunya penawar untuk Real Ciudad, yang merupakan bandara yang telah dinyatakan bangkrut dan ditutup pada 2012, setelah hanya mampu beroperasi selama empat tahun. Mereka juga menawarnya dengan harga yang sangat rendah, hanya Rp190 juta saja.

Menurut The Independent tawaran oleh investor lain masih terbuka, yang berarti bahwa jika tidak ada tawaran lain yang ada sampai bulan September, maka situs tersebut akan menjadi milik mereka untuk harga yang sangat murah.

Padahal bandara ini awalnya disiapkan untuk lelang dengan harga €100 juta atau Rp1,9 triliun tahun lalu. Namun, setelah gagal menarik minat investor, harganya dikurangi menjadi €80 juta kemudian €40 juta. Dan sekali lagi, tidak ada calon pembeli yang datang dan menawarnya.

Konsorsium China mengatakan kepada Europa Press bahwa, mereka berencana untuk membuat bandara ini sebagai titik masuk untuk kargo yang dikirim ke Eropa dari pasar internasional, terutama dari Tiongkok.

Ciudad Real sendiri adalah salah satu dari banyak proyek ambisius di Spanyol. Terletak hanya satu jam dari Bandara Madrid dengan mobil, pembangunan bandara ini tampak hampir ditakdirkan untuk gagal.

Awalnya, pengembang berjanji bahwa bandara ini dapat menyediakan lebih dari 6.000 pekerjaan. Dan mampu menampung 10 juta penumpang per tahun dengan landasan yang cukup besar untuk muat pesawat penumpang terbesar di dunia, Airbus A380, bandara ini hanya dibuka untuk jalur penerbangan internasional selama dua tahun.
loading...

0 Response to "Bandara 'Hantu' Spanyol Dilelang Rp190 Juta"

Post a Comment