Bunker Militer Ini Disulap Menjadi Batu

Bunker militer Swiss. Foto
Swiss adalah negara netral secara politik, namun memiliki militer yang kuat. Anda tidak akan melihat iring-iringan militer di sana. Atau juga bagaimana negara tersebut membuat pertahanannya secara terbuka.

Jika Anda melintasi pegunungan Alpen di Swiss untuk melihat instalasi militer dan bunker, maka Anda tidak akan menemukan bangungan megah yang dijaga ketat. Tetapi jika Anda teliti, maka instalasti militer akan terlihat dengan cara yang berbeda.

Militer negara tersebut tersembunyi, dan berbaur dengan pemandangan sekitarnya, atau biasa kita sebut kamuflase. Beberapa dari mereka bahkan disamarkan menjadi batu besar, dan yang yang lain sebagai villa yang tenang.

Namun jika keadaan darurat, mereka akan siap mengeluarkan meriam dan senapan mesin berat, yang bisa menghancurkan dan membunuh setiap tentara. Gua-gua besar di sisi gunung difungsikan sebagai pangkalan udara ad-hoc dengan hanggar.

Setiap jembatan utama, terowongan, jalan dan kereta api telah diatur untuk sengaja runtuh, bila diperlukan, untuk menjaga tentara musuh keluar dari negara tersebut. Jalan raya dapat dijadikan landasan pacu dengan cepat, dan melakukan pemisahan di antara jalurnya.

Instalasi militer swiss.
Bahkan negara ini memiliki tempat penampungan nuklir, di setiap rumah, lembaga dan rumah sakit, serta hampir 300.000 bunker dan 5.100 tempat penampungan umum, yang bisa menampung seluruh penduduk Swiss jika diperlukan.

Swiss juga memiliki salah satu tentara terbesar per kapita, dengan 200.000 personel aktif dan 3,6 juta tersedia untuk kebutuhan darurat. Setiap warga negara laki-laki berusia di bawah 34 tahun adalah tentara cadangan. Mereka semua bisa mengambil senjata, dan akan ditugaskan secara pribadi di rumah masing-masing. Jika ada orang yang menyerang Swiss, mereka akan menemukan sebuah bangsa yang bersenjata lengkap.

Dalam bukunya tahun 1984, La Place de la Concorde Suisse, penulis New Yorker diakui John McPhee dikutip petugas Swiss mengatakan: "Swiss tidak memiliki tentara, Swiss adalah tentara". Memang, tentara yang berasal dari warga negara Swiss telah membantu melestarikan netralitas dan menjaga negara-negara tetangga menyerang wilayah Swiss. Swiss juga belum terlibat dalam konflik militer selama 200 tahun. 
Instalasi militer Swiss.
Fortifikasi wilayah pegunungan Swiss dimulai pada tahun 1880-an. Mereka intensif dan dimodernisasi selama Perang Dunia dan lagi selama periode Perang Dingin. Tapi hari ini, sebagai negara netral tanpa ancaman langsung ke perbatasannya, sebagian besar bunker banyak yang rusak dan kosong. Beberapa telah diubah menjadi tempat penampungan bagi tunawisma, lainnya seperti museum dan hotel.

0 Response to "Bunker Militer Ini Disulap Menjadi Batu"

Post a Comment