Tujuh Kebiasaan Buruk Setelah Makan

Kebiasan buruk setelah makan. Foto
Makan merupakan kebutuhan pokok, yang akan menyediakan energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Ada beberapa waktu makan yang biasa kita lakukan, pertama ada sarapan, makan siang dan makan malam.


Tetapi kadang kita tidak mempunyai kedisiplinan dalam makan, yang bisa mengakibatkan kita mudah lelah, mengantuk, bahkan mudah terserang penyakit. Ada juga mereka yang makan menyesuaikan dengan kebutuhan aktivitasnya.

Namun ada satu hal yang sama yang biasa dilakukan, terutama setelah makan. Dan mungkin hal tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Oleh sebeb itu, kebiasaan-kebiasaan berikut ini harus Anda hindari setelah selesai makan.

Berikut tujuh kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan Anda, yang kami kutip dari healthyfoodteam:

1. Merokok setelah makan

Para peneliti telah memperingatkan kepada perokok untuk tidak merokok sehabis makan. Setiap batang rokok yang Anda hisap setelah makan, 10 kali lebih berbahaya saat memasuki aliran darah. Itu karena sistem pencernaan Anda sangat aktif, sementara nikotin akan mengikat dirinya dalam oksigen darah.

2. Makan buah

Jika Anda makan buah setelah makan ada kemungkinan besar akan menyebabkan kelebihan gas, menjadi racun bahkan membusuk di saluran pencernaan. Dan juga mendorong pembentukan selulit. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah adalah pada saat perut kosong.

3. Minum teh

Beberapa mitos mengatakan bahwa teh akan membantu melancarkan pencernaan, tapi sebenarnya tidak. Teh justru memperlambat pencernaan Anda. Orang yang menderita anemia khususnya, lebih baik tidak minum teh setelah makan minimal 1 jam.

4. Berenang

Olahraga renang baik bagi tubuh, tetapi tidak baik jika dilakukan setelah Anda makan besar. Air biasanya meningkatkan aliran darah tubuh, tapi setelah makan semua darah masuk ke pencernaan sementara tubuh yang lain membutuhkannya jika Anda berenang. Perubahan suhu yang mendadak dalam tubuh juga sangat berbahaya.

5. Latihan

Olahraga terutama di bagian pinggang, dapat menyebabkan usus melilit dan mencerna menjadi lebih lambat.

6. Kegiatan fisik

Seperti semua orang mungkin berpikir bahwa, bergerak dan beraktivitas setelah makan sehat, nyatanya itu tidak! Setiap aktivitas fisik setelah makan dapat memblokir sistem pencernaan dan menghentikannya dari menyerap semua nutrisi dalam makanan.

7. Tidur

Jangan tidur setelah makan, itu adalah hal yang perlu Anda ketahui. Ketika Anda tertidur, tubuh dan semua sistemnya akan melambat, termasuk dalam mencerna makanan. Bahkan jika tidak tertidur pun, posisi Anda tiduran dapat berbahaya bagi lambung dan cairan pencernaan.

Semoga bermanfaat bagi Anda.
loading...

5 Responses to "Tujuh Kebiasaan Buruk Setelah Makan"

  1. terus habis makan kudu ngapain kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya beres2 sisa makanan, cuci2 piring dll, rapi2 meja makan, gitu loch 😉

      Delete
  2. Langsung boker aja kalo gitu,,,,, hadeuhhhh, ada2 saja

    ReplyDelete
  3. gmna kalau habis makan, kita makan lg,... kayanya ga ada tuh, daftar buruknya..... eheheh

    ReplyDelete
  4. Kalau aku abis makan biasaya Ngerumpi bareng temen-temen.

    ReplyDelete