10 Penyembuhan Melalui Jari Tangan Anda

Kebanyakan orang mengasosiasikan yoga dengan seseorang yang duduk dalam posisi lotus, tangan di lutut dengan telunjuk dan ibu jari saling menyentuh. Posisi jari ini disebut "Mudra" dan seperti titik-titik tekanan, teknik ini dapat mempengaruhi keadaan fisik dan emosional.
Mudra telah dikenal di Timur selama ribuan tahun, tidak hanya dalam meditasi atau yoga, tetapi juga sebagai bagian dari pengobatan untuk berbagai penyakit fisik dan mental. Kadang-kadang, orang menaruh jari-jari mereka di posisi mudra tanpa menyadarinya.

Ada ratusan variasi mudra, yang meliputi kepala, tangan dan tubuh, masing-masing membantu penyembuhan penyakit yang berbeda. Kali ini kami akan menampilkan 10 posisi mudra yang paling mudah, yang dapat Anda lakukan di mana dan kapan saja.

Lakukan latihan ini dengan kedua tangan secara bersamaan, dan sebaiknya dilakukan sambil duduk.

1. Gyan Mudra (Knowledge)
Ujung jari telunjuk Anda menyentuh ujung ibu jari, sementara sisa jari lainnya tetap lurus.

Target: mudra ini merangsang kelenjar hipofisis, yang mengontrol metabolisme, serta siklus tidur Anda. Gyan membantu meningkatkan memori Anda, mencegah insomnia, menjernihan pikiran dan dapat membantu dalam mencegah demensia.

Lakukan selama 30-45 menit setiap hari, atau selama 10-15 menit 3 kali sehari.

2. Prithvi Mudra (Bumi) 
Ujung ibu jari menyentuh ujung jari manis Anda. sementara sisa jari tetap lurus.

Target: Prithvi membantu Anda dengan kelemahan fisik dan mental, mencegah lesu kronis, memberikan dorongan energi dan mengurangi gejala osteoporosis. Manfaat lainnya adalah pencegahan kulit kering, ruam, penuaan, rambut rontok, dan bahkan tukak lambung.

Lakukan selama 30-45 menit setiap hari, atau selama 10-15 menit 3 kali sehari.

3. Varuna Mudra (Air) 
Ujung jari kelingking menyentuh ujung ibu jari sementara sisa jari tetap lurus.

Target: Varuna membantu menyeimbangkan keadaan mental Anda, serta cairan tubuh (mencegah kekeringan pada mata, mulut, sistem pencernaan dan kulit). Mudra ini juga membantu dalam menghentikan kram dan sembelit, serta mengatur siklus menstruasi dan penyimpangan hormonal lainnya pada wanita. Di atas semua manfaat ini, dapat mencegah degradasi sendi, anemia, dan bahkan dapat meningkatkan indera perasa.

Lakukan selama 45 menit setiap hari, atau selama 15 menit 3 kali sehari. Hindari jika Anda sedang berhadapan dengan retensi air yang berlebihan.

4. Vayu Mudra (Air) 
Jempol memegang telunjuk turun sementara sisa jari tetap lurus.

Target: Vayu membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta intensitas suara Anda. Hal ini membantu dalam pengambilan keputusan dan ketidaksabaran, rasa malu, kegelisahan, cegukan, kram, pusing, dan gejala bahkan Parkinson.

Lakukan selama 30-45 menit setiap hari, atau selama 10-15 menit 3 kali sehari.

5. Shunya Mudra (Kekosongan) 
Ibu jari memegang jari tengah ke bawah sementara sisa jari tetap lurus.

Sasaran: Shunya efektif dalam kasus sakit telinga dan berfungsi sebagai penguat keyakinan. Posisi ini juga mencegah perasaan kekosongan, tinnitus, dan bahkan vertigo.

Dalam kasus sakit telinga yang berat, vertigo atau mati rasa anggota badan, melakukan mudra ini sampai masalah terpecahkan. Lakukan selama 30-45 menit setiap hari, atau selama 10-15 menit 3 kali sehari. Perhatikan bahwa ahli merekomendasikan menghentikan setelah masalah selesai.

6. Surya Mudra (Sun) 
Ibu jari memegang jari manis turun sementara sisa jari tetap lurus.

Target: mudra ini membantu mengaktifkan tiroid, menurunkan berat badan dan merevitalisasi sistem pencernaan. Hal ini juga membantu dalam mengurangi stres dan kecemasan sambil menjaga Anda tetap fokus pada tujuan Anda. Manfaat lain dari Surya adalah menjaga Anda hangat jika Anda menderita kedinginan.

Lakukan selama 30-45 menit setiap hari, atau selama 10-15 menit 3 kali sehari. Perhatikan suhu tubuh Anda berada di posisi ini, dan berhenti setelah tubuh Anda mulai mendapatkan terlalu hangat.

7. Prana Mudra (Hidup) 
 Ujung jari manis dan kelingking menyentuh ibu jari Anda sementara sisa jari tetap lurus.

Target: Prana membantu memperkuat pikiran Anda dan dapat meningkatkan motivasi. Hal ini juga meningkatkan penglihatan Anda, mengurangi kelelahan dan depresi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lakukan selama 30-45 menit setiap hari, atau selama 10-15 menit 3 kali sehari.

8. Apana Mudra (Pencernaan)
Jari tengah dan manis dipegang oleh ibu jari.

Target: Apana membantu mengatur ginjal dan usus, sehingga membantu dalam membersihkan tubuh Anda dari racun dan mencegah sembelit. Manfaat lainnya adalah pencegahan mual dan muntah, serta sensasi terbakar saat buang air kecil. Posisi ini sangat berguna bagi penderita diabetes karena mengatur kadar glukosa darah.

Lakukan selama 30-45 menit setiap hari, atau selama 10-15 menit 3 kali sehari.

9. Apana Vayu Mudra (Hati) 
Telunjuk menyentuh pangkal ibu jari sementara jari tengah dan manis dipegang oleh ibu jari. Kelingking tetap lurus.

Target: Apana Vayu membantu mencegah penyakit jantung dan masalah jantung terkait lainnya. Selain itu, mencegah gas dan mulas.

Lakukan selama 30-45 menit setiap hari, atau selama 10-15 menit 3 kali sehari. Jika Anda pernah mengalami masalah jantung di masa lalu, itu sangat dianjurkan untuk berlatih posisi ini setiap hari.

10. Lingga Mudra (Heat) 
Kunci jari-jari Anda sambil menjaga ibu jari lurus kiri. Bungkus ibu jari kiri dengan jari telunjuk dan ibu jari tangan kanan, yang keduanya harus menyentuh.

Target: Lingga membantu meningkatkan suhu tubuh dan mengurangi dahak dan kemacetan. Ini memperkuat paru-paru dan sangat efektif dalam kasus-kasus dingin, flu, infeksi sinus dan asma. Ia juga dikenal untuk membantu dalam kejantanan seksual pria.

Disarankan agar Anda tidak berlatih mudra ini secara teratur, tetapi hanya jika Anda sakit. Setelah gejala hilang, berhenti melakukan posisi ini.

foto; source
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Penyembuhan Melalui Jari Tangan Anda"

Post a Comment