Ditemukan Keluarga Baru Anglerfish yang Lebih Menakutkan

Ikan baru keluarga Anglefish. Foto
Makhluk laut yang hidup di kedalaman telah beradaptasi untuk bertahan hidup, di salah satu lingkungan paling keras di planet ini, termasuk tekanan pada tulang yang mampu menghancurkannya, ditambah dengan cahaya yang hampir tidak ada.

Akibatnya banyak dari mereka yang terlihat seperti bukan dari dunia ini, apakah itu ikan yang dikenal sebagai blobfish atau kepiting laba-laba yang memiliki ukuran raksasa dan mengerikan.

Bahkan para ilmuwan telah menemukan mahluk baru penghuni laut dalam, yang masih satu keluarga dengan anglerfish--yang lengkap memiliki pemancar cahaya di kepalanya yang aneh--di Teluk Meksiko.

Ikan baru ditemukan oleh seorang peneliti di Southeastern University Nova (NSU) Halmos Sekolah Tinggi Ilmu Alam dan Oceanography, di kedalaman antara 1.000-1.500 meter di bawah permukaan laut.

Mahluk ini berwarna oranye cerah dan memiliki embel-embel di kepala yang panjang menyerupai kaki serangga, dan mulutnya di kelilingi oleh sungut kumis dan juga gigi yang tajam.

"Sebagai seorang peneliti, satu hal yang saya tahu adalah bahwa begitu banyak yang dapat kita pelajari tentang lautan kita. Setiap kali kita pergi ke laut dalam, ada kesempatan bagi kita melihat yang sebelumnya tidak ada," kata Dr Tracey Sutton adalah salah satu ahli NSU pada kehidupan laut dalam.

Sementara itu, ikan yang satu ini jelas jenis baru dari anglerfish, dan memiliki wajah unik aneh yang membedakannya dari sepupu yang buruk dalam keluarga anglerfish.

Tiga spesimen berjenis kelamin betina yang ditemukan, memiliki panjang 30-95 milimeter, dan itu cukup kecil.

Anglerfish sendiri hidup pada kedalaman di mana sama sekali tidak ada sinar matahari. Pada kedalaman ini, satu-satunya cahaya yang ada dibuat oleh makhluk ini dengan bioluminescence, yang berarti mereka menghasilkan sumber cahaya mereka sendiri.

Juga, di kedalaman ini, tekanannya sangat besar, lebih dari 2.200 pound (satu ton) per inci persegi (6,45 sentimeter persegi).

Dalam kondisi ini perjuangan untuk menemukan makanan cukup sengit, dan anglerfish memiliki adaptasi aneh dibandingkan dengan ikan jenis lainnya.

Menggunakan kepala embel sebagai umpan yang mengeluarkan cahaya dari ujung, mamaksa ikan kecil untuk tertarik, kemudian ditelan oleh mulutnya menganga dan besar.

Temuan ini telah diterbitkan oleh The American Society of ichthyologists dan herpetologis di Copeia, jurnal internasional yang menerbitkan penelitian pada bagian ikan, amfibi dan reptil.
loading...

1 Response to "Ditemukan Keluarga Baru Anglerfish yang Lebih Menakutkan"