Melihat Suku Mentawai yang Belum Terjamah Modernitas

Bulan ini Indonesia merayakan 70 tahun kemerdekaannya. Usia yang tidak muda lagi dalam merayakan kemerdekaannya. Tetapi, belum semua masyarakat di Indonesia ini bisa merasakan nikmatnya kemerdekaan ini.

Buktinya banyak suku-suku di Indonesia yang masih hidup tidak pernah mengenal apa itu radio, televisi, bahkan gadget yang setiap hari kita bawa dan gunakan.

Mereka masih hidup sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak mengenal apa itu arti kemerdekaan. Dan hidup secara tradisional, bahkan tidak mengenakan pakaian yang layak layaknya kita saat ini.

Dan yang mirisnya lagi, mereka lebih dikenal oleh warga asing. Hal ini terlihat dari foto-foto yang didokumentasikan dan disebarkan oleh situs Dailymail, mengenai kehidupan sehari-hari dari pria, wanita dan anak-anak suku Mentawai, penduduk asli di Indonesia yang terkenal dengan tato dekoratif dan praktek mengasah gigi.

Suku yang hidup semi-nomaden di Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat ini percaya bahwa, gigi yang diasah membuat mereka lebih menarik bagi lawan jenis.

Adalah Muhammad Fauzy Chaniagom, yang mampu menghabiskan waktu selama empat hari dengan suku ini bulan lalu, dan telah berhasil mengabadikan mereka di pulau-pulau sebagai tempat mereka berburu Mentawai dan mencari makanan.

Suku ini terdiri dari 64.000 orang, yang tinggal di rumah yang dikenal sebagai Umas, yang dibangun menggunakan bambu, kayu dan rumput, dan dilengkapi dengan tengkorak dari mangsa buruannya.

Foto-foto bisa Anda lihat di bawah ini:


Suku Mentawai yang tinggal di pulau-pulau Mentawai di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Rumah tempat tinggal: Suku Mentawai membangun rumah gubuk yang dikenal sebagai Umas, menggunakan bambu, kayu dan rumput, dan menghiasinya dengan tengkorak dari berbagai binatang yang mereka buru.

Fauzy Chaniagom yang mampu menghabiskan empat hari dengan suku Mentawai di Sumatera Barat bulan lalu.

Suku ini dikenal dengan praktek mengasah gigi, yang mereka percaya membuatnya lebih menarik bagi lawan jenis.

Bahkan dalam foto-foto lain banyak sekali wanita yang berlum kenal dan mengenakan pakaian layaknya wanita modern. Ini adalah salah satu ketimpangan pembangunan yang masih bisa ditemukan di Indonesia.

0 Response to "Melihat Suku Mentawai yang Belum Terjamah Modernitas"

Post a Comment