10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa

Ilustrasi Mansa Musa, orang terkaya sepanjang sejarah. Foto
Kakayaan masih menjadi sumber utama seseorang dikatakan sukses. Bukan tanpa alasan, biasanya untuk mendapatkan kekayaan ini tidak mudah, apalagi jika memilikinya di atas rata-rata orang super kaya di dunia.

Namun jika Anda bertanya, siapa yang memiliki lebih banyak uang paling banyak di dunia, apakah John D. Rockefeller atau Genghis Khan? Ini adalah pertanyaan sederhana, namun jawabannya sangat sulit.

Oleh sebab itu, para ekonom dan sejarawan diwawancarai untuk mendapatkan jawabannya. Karena keduanya hidup di zaman dan belahan dunia yang berbeda. Lalu siapa daftar orang terkaya di dunia sepanjang masa? Berikut jawabannya.

10 orang terkaya ini kami kutip dari time.com, berikut ulasannya: 

10. Genghis Khan

Pria yang menguasai kerajaan di Mongolia ini, hidup antara tahun 1162-1227. Kekayaannya berupa tanah yang sangat luas. Ia juga dikenal sebagai pemimpin militer yang sukses sepanjang masa. Kekayaannya didapatkan saat ia berhasil menaklukkan sebuah wilayah. Tidak ada angka pasti berapa kekayaannya saat itu. Namun ia tidak pernah membangun kastil, kerajaan mewah, rumah, bahkan kuburan untuknya dan keluarganya.

9. Bill Gates

Siapa yang tidak tahu pendiri Microsoft ini. Kekayaannya kini mencapai US$78.9 miliar. Kekayaannya terus bertambah, meskipun kini tidak lagi memimpin Microsoft.

8. Alan Rufus

Hidup di tahun 1040-1093 di Inggris, Alan Rufus atau biasa disebut Alan the Red memiliki kekayaan US$194 juta. Kekayaannya saat itu setara dengan 7 persen Produk Domestik Bruto saat itu.

7. John D. Rockefeller

Berasal dari Amerika, pria ini memiliki kekayaan sekitar US$341 juta--setara tahun 2014--dan hidup di tahun 1839-1937. Ia awalnya berinvestasi di pengolahan minyak tahun 1863, dan pada tahun 1880 ia mengontrol semua produksi minyak Amerika sebanyak 90 persen.

6. Andrew Carnegie

Hidup di tahun 1835-1919 di Amerika Serikat, ia berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang sebanyak US$372 miliar setelah peruasahaan bajanya dijual ke J.P Morgan.

5. Joseph Stalin

Hidup antara tahun 1878-1953, ia berhasil mengontrol sekitar 9,6 persen produk domestik bruto Soviet kala itu. Dan ia juga berhasil mengontrol hampir sebagian besar ekonomi dunia. Tidak ada angka yang pasti berapa kekayaannya saat itu. Namun ia menjadi salah satu ekonom paling kuat.

4. Akbar I

Ini salah satu orang terkaya dari daratan Asia. Hidup di India tahun 1542-1605, ia mengatur 25 persen PDB India saat itu. Tdai ada angka pasti kekayaan yang ia miliki. Namun ia berhasil membuat penduduk di Dinasti Mughal sejahtera.

3. Raja Shenzong

Dinasri Song di China yang berkuasa antara 960-1279, merupakan salah satu yang terkuat dalam bidang ekonomi. Demikian juga dengan rajanya yang berkuasa, memiliki kekayaan yang sangat besar walaupun tidak terhitung hingga kini.

2. Augustus Caesar

Hidup sebelum Masehi sekitar 63 Sebelum Masehi hingga 14 Setelah Masehi, raja Roma ini memiliki kekayaan sekitar US$4.6 triliun, sungguh fantastis.

1. Mansa Musa

Berasal dari Mali, dan hidup pada tahun 1280-a337, pria ini memiliki kekayaan yang tidak pernah terbayangkan oleh siapapun. Mansa Musa adalah raja Timbuktu, di mana kerajaannya memproduksi emas terbesar di Kerajaan Afrika Barat kala itu.

Bahkan menurut cerita, saat dia pergi ibadah Haji, lusinan unta membawa emas puluhan kilogram. Sementara lainnya mengatakan, ketika ia pergi dikawal oleh 200.000 orang, termasuk 40.000 pemanah.

1 Response to "10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa"

  1. Nabi sulaiman...terkaya sepanjang masa...http://wawanbudi.blogspot.com

    ReplyDelete