Melihat Mina, Kota 'Sejuta' Tenda

Kota Mina. Foto
Mina adalah sebuah kota kecil yang terletak di sebuah lembah yang sangat rendah di provinsi Makkh, di bagian barat Arab Saudi, yang berjarak sekitar 8 kilometer ke arah timur dari kota Suci Mekkah.

Lembah ini mempunyai luas sekitar 20 kilometer persegi, dan yang bisa kita lihat sejauh mata memandang hanya hamparan tenda di setiap ruang terbuka. Tenda-tenda ini tersusun rapi, baris demi baris.

Di tenda-tenda inilah, setiap jamaah haji menginap selama lima hari di musim haji. Dan bulan-bulan lainnya, di Mina tidak terlalu banyak kegiatan dan cukup sepi. Ingin tahu seperti apa Mina dalam foto? Berikut ulasannya.


Tenda-tenda di Mina.
Ada lebih dari 100.000 tenda di Mina, yang menyediakan akomodasi sementara untuk sekitar 3 juta jamaah. Tenda-tenda ini memiliki panjang dan lebar 8 meter dan terbuat dari fiberglass dilapisi dengan teflon, untuk memastikan resistensi yang tinggi terhadap api dan cuaca panas.

Awalnya berdirinya tenda di sini adalah peziarah yang membawa tenda sendiri, yang mereka bangun di dataran datar Mina. Setelah haji berakhir, tenda-tenda akan dibongkar, semuanya dikemas dan dibawa kembali. 
Mina di malam hari.
Kemudian sekitar tahun 1990-an, pemerintah Saudi memasang tenda kapas permanen, untuk menghilangkan kebiasaan peziarah dari membawa beban yang berat. Tapi setelah kebakaran besar yang melanda kota tenda, dan menewaskan hampir 350 jamaah pada tahun 1997, tenda permanen tahan api dibangun.

Tenda-tenda ini dipisahkan menjadi beberapa kamp, ​​yang masing-masing memiliki dinding eksterior sendiri, dan terhubung ke kamp-kamp lain oleh jalur yang sudah tersedia. Setiap kamp dilengkapi dengan dapur, kamar mandi, dan fasilitas wudhu.
Deretan tenda berjejer rapi di Mina.
Setiap tenda memiliki warna, yang merupakan kode negara, dan semua jamaah haji memiliki lencana dengan warna dan jumlah yang telah di tentukan, untuk menghindari tersesat.
Mina dari ketinggian.
Dalam dua tahun terakhir, kota ini mengalami perubahan besar-besaran, di mana pemerintah menginvestasikan miliaran riyal ke proyek-proyek infrastruktur, untuk memudahkan ritual ibadah haji tahunan.

Sebuah jaringan untuk menghindari kebakaran juga dibuat dengan sistem alarm, untuk mencegah terulangnya tragedi tahun 1997.

Lalu kapan kita ke Mina?

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to " Melihat Mina, Kota 'Sejuta' Tenda"

Post a Comment