Terungkap Kisah Asmara Pemain Biola di Kapal Titanic

Kapal Titanic. Foto
Kapal Titanic merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat kala itu, dan menjadi kebanggaan mereka yang bisa menaikinya. Namun di tengah perjalanan, kapal menabrak gunung es, dan perlahan-lahan tenggelam ke dasar samudera Atlantik.

Pada saat-saat terakhir--seperti halnya di dalam film digambarkan--dek miring, air berangsur-angsur menenggelamkam kapal, delapan musisi memainkan lagu-lagu. Mereka berharap, akan menawarkan beberapa kenyamanan kepada 1.500 orang di antaranya pria, wanita dan anak-anak yang akan segera tenggelam.

Namun para korban dipastikan tidak bisa mendengar instrumen yang musisi ini mainkan, akibat riuhnya suara orang-orang yang meminta bantuan, dan juga suara gemuruh yang dihasilkan kapal Titanic saat tenggelam.

Salah satu musisi bernama Jock Hume, ternyata masih menyisakan cerita sampai saat ini, kala ia tenggelam bersama Titanic di usianya yang baru 21 tahun. Ketika itu ia bermain biola dalam catatan terakhirnya, dia juga pasti sudah tahu tidak pernah lagi melihat kekasihnya, Mary Costin, gadis yang telah merencanakan untuk menikahinya saat kembali ke rumah.

Hati kekasihnya hancur, ketika mengetahui bahwa nama Jock tidak ada dalam daftar korbanyang selamat saat tiba di New York. Padahal kala itu ia sedang hamil dari kekasihnya tersebut.

Awal tahun ini, seorang kolektor memorabilia Titanic telah mengakuisisi beberapa halaman dari beberapa buku besar tua. Yang mencatat nama-nama mereka yang telah mendapatkan warisan dana kecelakaan Titanic, yang dibentuk untuk membantu tanggungan.

Dan pada daftar tersebut ada nama Mary Costin, yang menerima dana sekitar 2 dollar dan 15 sen, untuk bayinya yang yatim. Namun ternyata, ada nama lagi yang membuat cucu dari Mary Costin terkejut, ada seorang wanita bernama Ethel McDonald yang berada di Karibia, yang menerima dana yang sama dari pria bernama Jock Hume.

Kutipan surat tersebut adalah: "McDonald, Miss Ethel - The Colonial Bank, Kingston, Jamaika. Pada tanggal 1 [yang] bulan pertama di setiap kuartal, mengirimkan rancangan mendukung Colonial Bank untuk pembayaran...'

Cucu Hume sadar, jika kakeknya jauh dari kata setia kepada Mary. Hume waktu itu sering mengunjungi Karibia, karena terbukti telah menjadi ayah dari seorang anak di Jamaika dan memiliki istri bernama Ethel.

hal ini justru memicu cucu Mary Costin untuk melacak saudaranya yang berbeda ibu, di mana kemungkinan ia memiliki sepupu yang masih tinggal di Jamaika. Selain itu, ia juga melacak bagaimana kakeknya bisa berada di sana dan kapan tepatnya.

Setelah menghubungi genealogi bernama Donald Lindo di Jamaika, semuanya mulai terungkap. Sebelum mengambil pekerjaan di Titanic, Jock sempat menghabiskan waktu tiga bulan bekerja di Kingston, Jamaika, bermain orkestra di Spring Hotel.

Dia tiba di sana pada hari Natal tahun 1910 dan meninggalkan Jamaika April tahun berikutnya.

Salah satu foto terakhir dari Jock menunjukkan, jika ia terlihat sebagai seorang pemuda yang tampan. Dia mengenakan Bugsy Malone gaya pertengahan, dan ibu jarinya dimasukkan ke ikat pinggangnya.
loading...

0 Response to "Terungkap Kisah Asmara Pemain Biola di Kapal Titanic"

Post a Comment