Foto-foto Langka Kapal Titanic Sebelum Peluncuran

Foto langka kapal Titanic. Foto
RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang super Britania Raya, yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912, setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke kotan New York (Wikipedia).

Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang, dan menjadi salah satu bencana maritim paling mematikan sepanjang sejarah. Selain itu, Titanic merupakan kapal terbesar di dunia pada pelayaran perdananya.

Kapal ini dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal ini sanggup mengangkut 2.224 penumpang. Seperti apa foto-foto langka dari kapal Titanic ini? Simak berikut ini.

Serangkaian foto yang tidak pernah dilihat sebelumnya, dirilis. Foto ini menunjukkan peluncuran perdana Titanic dari galangan kapal di Belfast. Dan siap sangka, jika foto ini telah ditemukan dalam sebuah kotak tua di lemari yang sudah berumur 103 tahun.

Lima gambar hitam-putih menunjukkan, jika kapal terbesar dunia pada saat itu meluncur ke dalam air untuk pertama kalinya, yang disaksikan oleh kerumunan besar penonton sebanyak 100.000 orang.

Foto ini diambil pada jam 12:15 pada tanggal 31 Mei 1911, oleh seorang pengusaha Belfast yang diberi akses khusus untuk berada lebih dekat, dengan kapal 'terkutuk' dalam galangan kapal Harland and Wolff.

Kapal Titanic saat menyentuh laut.
Pada hari yang sama, adik Titanic, RMS Olympic, juga telah diluncurkan pada bulan Oktober 1910, dan berangkat pada perjalanannya perdananya menuju Liverpool.

Setelah diluncurkan, insinyur Titanic menghabiskan waktu sekitar sebulan untuk mengecek mesin, saluran air dan kekuatan kapal ini sebelum keberangkatan perdananya dimulai pada April 2, 1912.

Kapal seberat 45.000 ton ini berangkat dari Southampton pada 10 April menuju New York. Tetapi nahas, kapal ini menabrak gunung es pada pukul 11:40, tanggal 14 April dan tenggelam kurang lebih tiga jam kemudian tepatnya jam 02:20 pada tanggal 15 April.

Foto asli ini sekarang sedang dijual, di rumah lelang di Wiltshire, yang ditemukan oleh keluarga fotografer asli.

Foto-foto ini menunjukkan, betapa besarnya lambung kapal tersebut. Mereka berharap, bisa menjual foto-foto ini sebesar £8.000 atau Rp160 juta.

Baca juga: Terungkap Kisah Asmara Pemain Biola di Kapal Titanic

"Kami tidak tahu apakah dia fotografer atau bukan, tapi dia adalah seorang pengusaha Belfast dan mungkin telah menjadi tamu khusus dari Harland and Wolff. Mereka sebelumnya tidak diketahui, gambar spektakuler peluncuran Titanic," kata Andrew Aldridge, dari Henry Aldridge and Son of Devizes yang kami kutip dari Mail Online.

Itu adalah acara bersejarah, mengingat Titanic adalah kapal terbesar dunia pada saat itu. Dari sudut pandang sejarah sosial, banyak pengamat melihat, semuanya memerlukan tiket untuk menghadiri acara tersebut.

Foto-foto telah disimpan oleh keluarga yang sama selama 103 tahun, dan pemilik sekarang tidak tahu apa yang ada di dalam lemari.



loading...

0 Response to "Foto-foto Langka Kapal Titanic Sebelum Peluncuran"

Post a Comment