Di Negara Ini, Anak 10 Tahun Sudah Memiliki Bayi

Memiliki bayi bagi mereka yang sudah menikah, menjadi penyempurna sebuah keluarga. Namun banyak pasangan yang belum memiliki momongan, meskipun usia pernikahannya sudah cukup lama.

Namun sebaliknya, banyak sekali kasus di mana kehamilan terjadi di luar nikah. Banyak sekali penyebabnya, dan biasanya dikarenakan pergaulan bebas di kalangan remaja.

Anak kecil yang sudah memiliki bayi. Foto
Dan biasanya, kehamilan terjadi di usia remaja. Tetapi di negara ini cukup miris, di mana bukan hanya remaja yang sudah memiliki bayi, anak kecil yang masih berusia 10 tahun, banyak yang sudah memiliki momongan.

Padahal, usia tersebut adalah masa di mana anak-anak bermain, mengenal dunia di sekitarnya, dan juga belajar untuk masa depannya.

Inilah yang terjadi di Guatemala, sebuah negara di mana hampir seperempat dari semua bayi yang lahir, berasal dari ibu yang masih sangat belia, pada tahun 2011, 35 ibu baru tercatat baru berusia 10 tahun.

Putus Asa, Ibu Ini Berikan Anak-anaknya dengan Sukarela


Hampir semua kelahiran berasal dari remaja, yang mancakup 90 persen, di mana sang ayah masih melibatkan hubungan dekat, seperti paman atau sepupu, pemandangan ini cukup mengerikan.

Tahun 2014, sekitar 5.100 anak perempuan hamil, dan usianya masih di bawah 14 tahun, angka ini naik dari yang semula 4.354 kelahiran pada tahun 2013.
Anak kecil yang sudah memiliki bayi.
Banyak kisah pilu yang kerap para ibu belia ini alami, mereka ada yang diikat ke pohon sementara seorang pria berusia 53 tahun memperkosanya, ada juga seorang gadis yang dijual ke pria 22 tahun, sementara ia masih berusia 12 tahun, dan masih banyak lagi kisah tragisnya.

Pemerintah memang tidak diam, mereka berupaya untuk menindak setiap pelaku yang menghamili anak di bawah umur. Minggu ini undang-undang baru disahkan, di mana usia untuk menikah minimal 18. Di mana sebelumnya hanya 14 tahun.

Perkosaan yang kerap terjadi di sana merupakan warisan dari perang sipil di Guatemala, yang berlangsung selama 36 tahun sampai pertengahan 1990-an. Diperkirakan, 100.000 wanita diperkosa selama bertahun-tahun kekerasan terjadi.

Bahkan ribuan perempuan dari segala usia masih diperkosa setiap tahunnya. Sekitar 10.000 wanita cukup berani untuk melaporkannya, hanya satu dari 10 yang berhasil dihukum.


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Di Negara Ini, Anak 10 Tahun Sudah Memiliki Bayi"