Ini Dia Pohon Tertua di Dunia

Pohon tertua di dunia.
Keberadaan pohon di bumi ini sangat penting, karena memasok oksigen yang digunakan oleh semua mahluk hidup untuk bernapas. Maka bisa dibayangkan, jika pohon-pohon di dunia ini musnah.

Pohon-pohon juga relatif memiliki umur yang panjang, bahkan ada yang bisa mencapai ribuan tahun, jika saja tangan-tangan manusia tidak serakah untuk menebangnya.

Tetapi tahukan Anda, di mana pohon paling tua di bumi ini? Dan berada di mana? Simak ulasannya berikut ini.

Fenomena Aneh Akibat Pemanasan Global, "Pohon Mabuk"

Tenyata, pohon tertua di dunia ini ada di Norwegia, dengan umur sekitar 9.500 tahun dan bernama "Old Tjikko."

Pohon ini ditemukan pertama kali pada tahun 2004 oleh Kullman, profesor Fisika Geografi di Umeå University. Untuk mengetahui usia pohon ini sebenarnya, maka dilakukan uji dengan menggunakan carbon-14.

"Selama zaman es, permukaan laut 120 meter lebih rendah dari saat ini dan banyak dari apa yang sekarang menjadi Laut Utara di perairan antara Inggris dan Norwegia adalah hutan pada waktu itu," kata Profesor Kullman yang kami kutip dari Bored Panda.

Pohon ini bahkan telah mengalami cuaca yang beragam, seperti musim salju, hujan, dan panas. Namun sampai saat ini tetap kokoh.

[FOTO] Menyusuri Hutan Kuno Yakushima di Jepang

Pohon tertua ini tidak tinggi dan besar, dikarenakan angin dan suhu yang sangat rendah membuat Old Tjikko seperti pohon bonsai.

via Bored Panda
loading...

1 Response to "Ini Dia Pohon Tertua di Dunia"

  1. Kayaknya di indonesia deh pohon tertua, cuma sayang sudah ditebang karena keusilan kita

    ReplyDelete