Ternyata, Kuda Nil Sering Makan Daging

Kuda nil. Foto
Kuda nil merupakan salah satu hewan yang memiliki ukuran besar. Dan kita akan membayangkan jika mereka mahluk yang lamban pemakan rumput atau herbivora. Mereka juga kerap menghabiskan sebagian besar waktunya, berkubang dalam air.

Kuda nil biasanya akan meninggalkan air pada sore hari, untuk melakukan perjalanan hingga 10 kilometer ke pedalaman atau hutan untuk mencari rumput yang segar yang merupakan sumber makanan utama mereka.

Kuda nil besar, mampu mengkonsumsi sekitar 68 kilogram rumput setiap malam, selama sekitar lima jam, namun kadang-kadang makan tanaman air. Tetapi benarkah kuda nil herbivora sejati seperti gajah?

Mengenaskan, Bayi Kuda Nil Baru Lahir Dibunuh Kawanannya

Para peneliti mengklaim, mamalia air besar ini tidak 100 persen vegetarian, mereka secara teratur makan daging.

Biasanya, kanibalisme antar kuda nil terjadi apabila ada bangkai saudaranya untuk menghentikan mereka dari kelaparan, tapi itu merupakan kejadian umum.

Tim peneliti dari empat benua telah menunjukkan bahwa, makan daging bagi kuda nil sering terjadi, meskipun pasokan rumput berlimpah.

"Karnivora oleh kuda nil bukan perilaku menyimpang di daerah tertentu, tetapi pola perilaku ini terjadi di mana-mana seperti Afrika timur dan selatan," ucap para peneliti yang kami kutip dari Mail Online.

Sebagai contoh, sejumlah kuda nil dewasa diamati makan saudaranya sendiri di Sungai Luangwa di Taman Nasional Luangwa Selatan, Zambia di musim hujan. Studi sebelumnya, kuda nil tercatat memakan hewan seperti gajah, impala dan rusa kutub.

Pertarungan Mematikan Buaya, Wildebeest dan Kuda Nil

Bahkan studi ini juga mencatat, ada laporan kuda nil penangkaran di kebun binatang membunuh dan memakan berbagai macam hewan, termasuk kuda nil kerdil kecil, tapir, walabi dan flamingo, ini menunjukkan daging bukan hanya sebuah pilihan ketika makanan lainnya langka.

Para ahli percaya perilaku dari kuda nil ini akibat agonistik dan teritorial yang sangat agresif terhadap individu sejenis dan vertebrata lainnya. Hal in diperkuat dengan rahang kuda nil dan gigi taringnya, yang telah berevolusi untuk pertarungan dan tidak berguna untuk merumput.

Studi ini mencatat jika mulut kuda nil yang mampu membuka hingga 180 derajat, lebih memiliki karakteristik yang terkait dengan hewan karnivora.

"Fenomena karnivora oleh kuda nil sangat penting untuk pemahaman tentang kerentanan mereka terhadap penyakit," kata Joseph Dudley, salah satu penulis studi Mammal Ulasan.

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata, Kuda Nil Sering Makan Daging"

Post a Comment

×
Judul